STRATEGI PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA MI BERBASIS TEKNOLOGI PADA MASA PANDEMI COVID19 MELALUI PROGRAM KEGIATAN BIMBINGAN BELAJAR

  • Muhamad Fuat Asnawi Universitas Sains Al-Quran
  • Dede Irma Universitas Sains Al-Quran
  • Muslim Hidayat Universitas Sains Al-Quran
  • Hidayatus Sibyan Universitas Sains Al-Quran
  • Adinda Septi Hendriani Universitas Sains Al-Quran
Keywords:
Bimbingan belajar, Pandemi, Minat Belajar

Abstract

Pendidikan seharusnya sudah menjadi prioritas seluruh masyarakat di Indonesia. Dalam bidang pendidikan, tidak selamanya pendidikan di sekolah berjalan lancar dan memberikan hasil sesuai dengan yang diharapkan. Berbagai upaya untuk mengatasi problemtika pendidikan dapat dilakukan, salah satunya melalui kegiatan pendampingan belajar yang merupakan bagian dari bentuk pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa KPM Universitas Sains Al-Qur'an dengan nama kegiatan “Kelas Belajar Anak di Kelurahan Bandingan Kecamatan Sigaluh Kabupaten Banjarnegara”. Kegiatan pengabdian masyarakat ini sebagai sarana penyampaian kebermanfaatan ilmu dan rasa peduli para mahasiswa terhadap anak sekolah di bidang pendidikan dalam bentuk pendampingan belajar melalui kegiatan bimbingan belajar anak di lingkungan posko KPM Universitas Sains Al-Qur'an. Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan prestasi akademik dan motivasi belajar anak. Kegiatan ini melibatkan siswa SD/MI yang berjumlah 20 siswa. Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan jadwal yang sudah ditentukan dengan kita mengkonfirmasi kepada penanggung jawab untuk disampaikan kepada orangtua siswa bertempat di kelurahan Bandingan Kecamatan Sigaluh Kabupaten Banjarnegara. Adapun kegiatan yang dilaksanakan yaitu dalam bidang bahasa dan seni. Kegiatan pembimbingan tersebut dilaksanakan sebanyak 5 kali pertemuan. Metode pelaksanaan kegiatan secara deskriptif kualitatif. Hasil kegiatan menunjukkan prestasi dan motivasi belajar siswa mengalami perkembangan yang baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-01-31
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 272 times
PDF downloaded = 93 times