Implikasi Gaya Sentripetal Terhadap Sentrifugal Dalam Perspektif Al Quran Sebagai Titik Balik Keimanan

  • Farah Afika Nur Jannah Universitas Sains Al-Qur'an
  • Deni Aryati Universitas Sains Al-Qur'an
Keywords:
Implikasi, Gaya Sentripetal, Gaya Sentrifugal, Ilmu Al Quran, Keimanan

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk membangun serta meningkatkan pemahaman keimanan seseorang. Al Qur’an sebagai pedoman menjalani kehidupan bagi umat muslim memiliki kandungan makna mendalam yang dalam memahaminya tidak dapat dilakukan secara mentahan. Beberapa isi kandungan Al Qur’an dapat di pahami melalui ilmu pengetahuan umum yaitu ilmu Fisika. Salah satu ilmu fisika yang terkandung di dalam Al Qur’an yaitu terkait gaya sentripetal dan gaya sentrifugal yang terdapat didalam Surat Fussilat ayat 53, Surat Al Anbiya ayat 33 dan Surat Ar Rahman ayat 17. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode studi pustaka atau literatur review dilanjutkan dengan proses analisis data berupa analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu bahwa besarnya gaya sentripetal sama atau sebanding dengan besarnya gaya sentrifugal. Kedua gaya tersebut yaitu gaya sentripetal dan gaya sentrifugal dapat diibaratkan dengan kehidupan makhluk hidup di muka bumi yang memiliki besar nilai yang sama. Gaya sentripetal diibaratkan dengan keimanan sesorang, dimana pusat lintasan diibaratkan sebagai kitab suci umat muslim yaitu Al Qur’an. Sedangkan gaya sentrifugal diibaratkan sebagai godaan manusia di dalam kehidupan. Besarnya godaan yang diterima seorang manusia sebanding dengan tingkat keimananya.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Muri Yusuf. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana
Abdul Karim Syeikh, Rekonstruksi Makna dan Metode Penerapan Amar Ma’ruf Nahi Munkar Berdasarkan Al Qur’an, Al Idarah: Jurnal Manajemen dan Administrasi Islam, Vol 2 (2), 2018, hal. 1 – 22.
Ahmad Fahrudin & Arbaul Fauziah, Konsep Ilmu dan Pendidikan dalam Perspektif Surat Al Mujadilah Ayat 11, Kontemplasi: Jurnal Ilmu Ilmu Usluhuddin, Vol 8 (1), 2020, hal. 264 – 284.
Albi Anggito & Johan Setiawan, (2018), Metodologi Penelitian Kualitatif, Jawa Barat: CV. Jejak.
Annisa Handayani Putri dkk, Strategi Meningkatkan Minat Santri dalam Menghafal di MDT Al Huda Kelurahan Cisaranten Kulon, Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Vol 1 (32), 2021, hal. 26 – 37.
Bhalla Prem (2017) Tatacara Ritual dan Tradisi Hindu. (Surabaya: Paramita, 2010)., Paramita, Vol 3(1), hal. 78–95.
Budi Kisworo, Hadivizon, Telaah Leksikal, Gramatikal, dan Kontekstual Terhadap Makna Kata Syahida pada QS. Al Baqarah ayat 185, Al Quds Jurnal Studi Al Quran dan Hadis, Vol 4 (1), 2020, hal. 163 – 180.
Edi Kurniawan Farid, Urgensitas Pengkajian Islam Secara Interdisipliner, Jurnal Inovasi Penelitian, Vol 1 (9), 2021, hal. 1755 – 1760.
Eko Prasetyo, Kajian Al Qur’an dan Sains tentang Kerusakan Lingkungan, Al Dzikra: Jurnal Studi Ilmu Al Qur’an dan Al Hadist, Vol 12 (1), 2018, hal. 111 – 136.
Eva Iryani, Al Qur’an dan Ilmu Pengetahuan, Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, Vol 17 (3), 2017, hal. 66 – 83.
Faredza Dyeno Pradana. (2020). Analisis Gaya Sentrifugal Secara Eksperimental, Skripsi 2018.
Iwan Hermawan, 2019, Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan Mixed Methode, Kuningan: Hidayatul Qur’an Kuningan.
Izzatul Laila, Penafsiran Al Qur’an Berbasis Ilmu Pengetahuan, Episteme: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, Vol 9 (1), 2014, hal. 45 – 66.
Jalal al-Din al-Suyuti. (1426 h). al-Itqan Fi Ulum al-Qur’an, Juz 5. Madinah: Mujamma’ al-Malik Fahd Li Thiba’ah al-Mushaf al-Syarif.
Khairul Hamim, Kebahagiaan dalam Perspektif Al Qur’an dan Filsafat , Tasimuh, Vol 13 (2), 2016, hal. 127 – 149.
Kurrotul Ainiyah. (2018). Bedah Fisika Dasar. Yogyakarta: Deepublish
M. Quraish Shihab. (2013). Kaidah Tafsîr: Syarat, Ketentuan dan Aturan Yang Patut Anda Ketahui Dalam Memahami Ayat-Ayat al-Qur’an. Tanggerang: Lentera Hati.
Maulidi Artiyantama, Ayat Ayat Kauniyyah dalam Tafsir Imam Tantowi dan Ar Razi, Al Dzikra: Jurnal Studi Ilmu Al Qur’an dan Al Hadits, Vol 11 (2), 2017, hal. 187 – 208.
Mualimul & Mutia, Mengenal Matematika dalam Perspektif Islam, FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan, Vol 2 (2), 2017, hal. 182
Muhammad Akmansyah, Al Qur’an dan Al Sunnah sebagai Dasar Ideal Pendidikan Islam, Ijtimaiyya : Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, Vol 8 (2), 2015, hal. 127 – 142.
Ridho Adi Negoro, Upaya Membangun Keterampilan Proses Sains Melalui Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Alat Peraga Gaya Sentripetal, Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK), Vol 5, Nomor 1, 2019, hal. 45
Rudi Hartono, Penentuan Awal Ramadhan menurut Pandangan Pengikut Tarekat Syattariyah di Kanagarian Pauh IX Kecamatan Kuranji Kota Padang, Ijtihad, Vol 33 (1), 2019.
Sakirman, Memahami Konsep Dasar Gerak, Bentuk dan Ukuran Studi Analisis Kitab Al Qanun Al Mas Udi Karya Al Biruni dalam Konteks Hukum Islam, Al Istinbath: Jurnal Hukum Islam, Vol 2 (1), 2017, hal. 17 – 28.
Sugiarti dkk, 2020, Desain Penelitian Kualitatif Sastra, Malang: UMM Press.
Zaglul Fitrian Djalal, Pendekatan Ijbari dalam Studi Al Qur’an, Kabilah, Vol 2 (2), 2017, 384 – 400.
Published
2023-03-31

STATISTICS

Abstract viewed = 369 times
.pdf downloaded = 427 times