EFEKTIFITAS METODE SOROGAN UNTUK MENINGKATAKAN KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING SANTRI PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR’AN SIROJUS SYUHADA’ TAMBI WONOSOBO
Metode Sorogan, Membaca Kitab Kuning
Abstract
Strategi sorogan merupakan salah satu teknik konvensional dalam pembelajaran kitab kuning yang sampai sekarang masih diterapkan, khususnya di sekolah- sekolah pengalaman hidup Islam. Teknik sorogan dipandang sebagai strategi yang sangat ampuh, karena penggunaan teknik sorogan bergantung pada sasaran utama, khususnya ketepatan dalam membaca, menemukan kepuasan, dan memiliki pilihan untuk mengungkap substansi membaca. Budaya sekolah pengalaman hidup Islami dalam strategi sorogan ini menitikberatkan pada adanya keamanan yang dekat dengan rumah dan pengawasan yang terkonsentrasi di antara para pendidik dan siswa. Eksplorasi ini merupakan penelitian lapangan. Teknik yang digunakan adalah strategi persepsi, dokumentasi dan pertemuan. Untuk sementara, untuk pemeriksaan informasi, pencipta menggunakan metodologi subjektif. Dilihat dari hasil pemeriksaan informasi dalam percakapan postulat ini, cenderung terlihat bahwa strategi sorogan merupakan salah satu unsur yang memegang peranan penting dalam kemajuan kemampuan membaca kitab kuning. Akhir dari ulasan ini adalah “Keberlangsungan strategi sorogan untuk menggarap kapasitas membaca kitab kuning santri Pondok Pesantren Sirojus Syuhada sangat berhasil”.
Downloads
References
Susanto, Pendidikan Pesantren, Jakarta: Publica Institute, 2020,
Rudy Hadi Kusuma, Konseling Kelompok Berbasis Nilai- Nilai Pesantreen, Palembang : Bening, 2020.
Mujammil Qomar, Pesantren dari Transformasi Metodologi menuju Demokratisasi Institusi, Jakarta: Penerbit Erlangga, 2005.
Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP-UPI, Ilmu dan Aplikasi Pendidikan,: PT Imperial Bhakti Utama, 2007.
Achmad Yusuf, Pesantren Multikultural Model Pendidikan Karakter Humanis Religius di Pesantren Ngalah Pasuruan, DEPOK: Rajawali Pers, 2020.
Andi Mulyawan, Pengurus PPTQ Sirojus Syuhada’, wawancara, tanggal 3 Mei 2022