WAYANG SEBAGAI MEDIA ALTERNATIF UNTUK MENINGKATKAN SPEAKING SKILL MAHASISWA PAI
speaking skill, media pembelajaran, wayang
Abstract
Dalam pembelajaran bahasa, salah satu keterampilan dasar yang harus dikuasai adalah speaking. Pada kenyataannya, pembelajaran speaking memiliki banyak hambatan. Wayang merupakan salah satu media tradisional yang dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menggunakan wayang sebagai media pembelajaran Bahasa Inggris bagi mahasiswa, khususnya untuk pengajaran speaking atau ketrampilan berbicara. Objek dalam penelitian ini adalah mahasiswa PAI UNSIQ yang berjumlah 35 mahasiswa dengan metode mengambil satu kelas sample secara random. Penilaian dilakukan dengan cara melakukan interview, uji pre-test, dan post-test. Dari hasil interview ditemukan bahwa kemampuan berbicara mahasiswa masih jauh dari standart. Selanjutnya, sesudah dilakukan tretment dengan menggunakan wayang, hasil analisis menunjukkan t hitung > 1.995 daripada t tabel, serta peningkatan hasil belajar dengan<g>hitung = 0,49 yang berarti kategori peningkatan belajar sedang. Dari hasil uji pre-test dan post test dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang siginifican pada kemampuan berbicara Bahasa Inggris mahasiswa dengan menggunakan wayang sebagai media pengajaran.
Downloads
References
Andriani, Aplikasi Pembelajaran Rangka Manusia Berbasis Multimedia Interaktif menunjukkan bahwa multimedia mampu meningkatkan, 2012.
Arsyad, A.2002. Media Pembelajaran, Jakarta: Raja grafindo Persada
B. Mubarok, English For PreSchooler, 2010, Diakses di http://www.sagarabahasa.com (21/04/2020)
Basrowi dan Suwandi. (2008). Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Bogor: Ghalia Indonesia
Brown, H. Douglas. (2001). Teaching By Principles An Interactive Approach To Language Pedagogy (second ed.). Longman: San Francisco State University.
Halliwell, Susan. (1992). Teaching English In The Primary School. London: Longman
Linda Kartika Sari & Dimas Sasongko 2013. Media Pembelajaran Interaktif Bahasa Inggris untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Vol 2 No 1-Maret 2013 ISSN: 2302-1136. Program Studi Teknik Informatika, Universitas Surakarta.
R. Susilana dan C. Riyana, Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan dan Penilaian, Bandung: CV. Wacana Prima, 2009.
Zipes, Jack. (2004). Speaking Out Story Telling And creative Drama For children [online]. Tersedia di: http://www.gigapedia.com[16 Maret 2020]