ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN DESIGN ALAT PRAKTIKUM KOEFISIEN GAYA GESEK BERBASIS ARDUINO

  • Hadianti Deliana
  • Sugianto Sugianto
Keywords:
Alat Praktikum, Gaya Gesek, Arduino

Abstract

Telah dilakukan desain alat praktikum koefisien gaya gesek berbasis arduino yang bertujuan untuk mengatasi permasalahan kegiatan praktikum yang sulit dan sedikitnya penggunaan alat praktikum. Selain itu, untuk pengembangan media pembelajaran fisika dalam bentuk sebuah produk yaitu alat praktikum  berbasis arduino pada materi hukum  Newton  dengan fokus bahasan Gaya Gesek di Bidang Miring  untuk kelas X. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan, didapat analisis kebutuhan siswa yaitu  dalam proses pembelajaran perlu adanya alat praktikum koefisien gaya gesek berbasis arduino  yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Metode penelitian yang di gunakan yaitu penelitian dan pengembangan (Research And Development). Pada tahap penelitian dan pengumpulan informasi awal dilakukan kegiatan analisis masalah dan analisis kebutuhan berupa angket. Selanjutnya tahap perencanaan di awali dengan desain alat dan pengembangan format produk awal prototipe dirancang sebagai perwujudan ide dan gagasan yang telah didefinisikan. Pada tahap uji coba awal, media diujikan kepada ahli materi dan ahli media dan kemudian dievaluasi. Berdasarkan studi pendahuluan berupa hasil angket analisis kebutuhan di dapatkan kesimpulan bahwa sekolah belum ada alat praktikum koefisien gaya gesek berbasis arduino. Sehingga penelitian pendahuluan ini akan dilanjutkan untuk mengetahui kelayakan alat praktikum koefisien gaya gesek berbasis arduino.

Downloads

Download data is not yet available.

References

H. S. Wahyuni and D. Rosana, “Physics Props Development based on Personal Desk Laboratory System to Improve Creative Thinking Ability and Students’ Scientific Attitude,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1233, no. 1, 2019.
[2] A. Wicaksono and I. N. Rifai, “Pembuatan Alat Peraga Pendidikan Fisika Sub Materi Gerak Jatuh Bebas Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno,” pp. 440–447.
[3] M. C. Kause, “Rancang Bangun Alat Peraga Fisika Berbasis Arduino (Studi Kasus Gerak Jatuh Bebas),” Cyclotron, vol. 2, no. 1, 2019.
[4] Muji, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Keterampilan Membaca Model Pembelajaran Kontekstual,” Pancaran, vol. 4, pp. 1–14, 2014.
Published
2020-08-16

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
PDF (BAHASA INDONESIA) downloaded = 0 times