PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA KELAS IV MI MA’ARIF KARANGLUHUR KERTEK WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2019/2020

  • Laras Lugu
  • Ahmad Khoiri
  • Pamungkas Stiya Mulyani
Keywords:
Pengembangan, strategi pembelajaran, problem based learning, keaktifan, prestasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan strategi pembelajaran problem based learning  pada mata pelajaran IPA kelas IV. Yaitu untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa, serta untuk mengetahui perbedaan dalam keaktifan dan prestasi pada siswa yang menggunakan dan yang tidak menggunkan strategi pembelajaran problem based learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan adalah eksprimen dengan desain Pretest - Posttest Control Group Design. Langkah awal penelitian adalah pemberian pretest kepada kedua kelas tersebut untuk mengetahui kompetensi awal. Selanjutnya kelas eksperimen ataupun pada kelas kontrol. Penggunaan strategi pembelajaran problem based learning pada kelas eksperimen di lakuakan pembelajaran dengan tema energi bunyi, dengan cara latihan pemecahan suatu masalah yang berkaitan dengan materi yang di pelajari, berdiskusi, latihan soal dan juga dibantu dengan media. Dari hasil analisis akhir menggunakan uji gain dan uji t. Hasil analisis uji gain untuk kelas eksperimen di peroleh nilai 0,616 dengan kriteria sedang. Sedangkan pada kelas kontrol di peroleh nilai 0,319 dengan kriteria sedang. Walaupun sama-sama dengan kriteria sedang, tetapi pada kelas eksperimen lebih tinggi nilainya dari kelas kontrol sehingga menunjukan adanya peningkatan pada kelas eksperimen. Kemudian ada perbedaan dalam peningkatan prestasi siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran problem based learning, dengan siswa yang diajar menggunkan metode konvensional hal ini dibuktikan dengan menggunkan uji-t yaitu thitung= 6,07 >  ttabel= 2,030. Sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Hal tersebut menunjukan adanya perbedaan prestasi siswa yang menggunakan strategi problem based learning dan siswa yang tidak menggunakan strategi pembelajaran problem based learning.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kodir, A. (2018). Manajemen Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013 Pembelajaran Berpusat Pada Siswa. Bandung: Pustaka Setia.
[2] Asih. (2016). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.
[3] Hamdani. (2011). Dasar-dasar Kependidikan. Bandung: Pustaka Setia
[4] Lasmanah, Aan. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Kooperatif Teknik Think Pair Share (Tps) (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas Vii-A Smpn Sukasari Sumedang. Jurnal Analisa, 2(3), hal. 18-25.
[5] Saefullah. (2012). Psikologi Perkembangan dan Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia
[6] Suryabrata. (1988). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
[7] Tirtonegoro, S. (2000). Anak Supernormal dan Pendidikannya. Yogyakarta: PT Bumi Aksara
[8] Trisnowati, E., & Firdaus, F. (2017). The Physical Laboratory Activities with Problem Solving Approach to Increase Critical Thinking Skill and Understanding Student Concept. Jurnal Pena Sains, 4(2), 138-145.
[9] Riyanto, Y. (2009). Paradigma baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2009.
Published
2020-08-16

STATISTICS

Abstract viewed = 109 times
PDF (BAHASA INDONESIA) downloaded = 82 times