EFEKTIVITAS MODEL POE2WE DALAM PENYAMPAIAN MATERI METODE ILMIAH GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MINAT BELAJAR SISWA

  • Nana Nana
Keywords:
Metode Ilmiah, POE2WE, Fisika SMA

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran POE2WE dalam pembelajaran fisika pada materi metode ilmiah. Responden penelitian adalah 15 siswa dari salah satu sekolah menengah atas di Kabupaten Tasikmalaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan kuesioner (angket) dan tes hasil belajar siswa (postest). Kuesioner merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden untuk menjawabnya. Setelah pembelajaran berakhir angket respon diberikan kepada responden. Angket tersebut berupa angket respon siswa setelah mengikuti pembelajaran model POE2WE. Hasil analisa respon siswa terhadap pembelajaran dengan model POE2WE menunjukkan persentase rata-rata secara keseluruhan termasuk dalam kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran Fisika dengan model POE2WE mendapat respon positif dari siswa. Proses pembelajaran menggunakan model ini dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam keterampilan proses Fisika, meningkatkan keberanian siswa dalam mengungkapkan pendapat, ide, dan gagasan serta meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2010). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Nana, Sajidan, Akhyar, M., & Rochsantiningsih, D. (2014). The Development Of Predict, Observe, Explain, Elaborate, Write, and Evaluate (Poe2we) Learning Model in Physics Learning At Senior Secondary School. Development, 5(19).
Nana. (2018). Model Prediction, Observation, Explanation, Elaboration, Write dan Evaluation (POE2WE) Aternatif Pembelajran Fisika di Era Revolusi Industri 4.0
Nana. (2014). Pengembangan Pembelajaran Fisika SMA Melalui Elaboration Write and Evaluation (EWE) Dalam Kurikulum 2013 (Surakarta: Disertasi UNS).
Nana, Sudjana. (1995). Penilaian Hasil Belajar. Bandung: Rosda Karya.
Mundilarto. (2012). Penilaian Hasil Belajar Fisika. Yogyakarta: UNY Press.
Restami, M.P., Suma, K., dan Pujani, M. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict- Observe-Explaint) Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Dan Sikap Ilmiah Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. E-journal Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3. 1-11.
Sillberman, M. L. (1996). Active Learning (101 Cara Belajar Siswa Aktif). Penerjemah Raisul Muttaqien. Bandung: Nuansa Cendana.
Published
2020-08-16

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
PDF (BAHASA INDONESIA) downloaded = 0 times