PENGARUH PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIC BERBASIS RISET UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA KELAS VIII DI SMP TAKHASSUS AL-QUR’AN 2 DERO DUWUR, DI WONOSOBO TAHUN AJARAN 2018/2019

  • Amad Mustakim
  • Sri Jumini
  • F Firdaus
Keywords:
Modul pembelajaran fisika, Pendekatan Saintifik, Literasi Sains

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Mengetahui Apakah dengan menggunakan modul pembelajaran fisika dengan pendekatan saintific berbasis riset literasi sains siswa dapat meningkat. (2) Mengetahui seberapa besar penggunaan modul pembelajaran fisika dengan pendekatan saintific dapat meningkatkan literasi sains siswa.Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen  menggunakan metode quasi eksperimen. Adapun sampel dalam penelitian ini diambil dengan cara proportionate stratified random sampling, dengan sampel 20 siswa untuk kelas ekperimen dan 20 siswa untuk kelas kontrol, sampel ini diambil dari populasi kelas VIII siswa SMP Takhassus Al-Qur’an 2 Dero Duwur yang berjumlah 80. Adapun sampel yang diambil dengan caraProportionate Stratified Random Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi untuk melihat objek penelitian, wawancara, dan tes pilihan ganda untuk melihat kemampuan literasi sains siswa baik sebelum dan sesudah diberi perlakuanHasil data penelitian tentang kemampuan literasi sains menunjukkan adanya perbedaan antara kedua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, yaitu dengan kelas ekperimen memberikan nilai rata-rata 78,75 dan kelas kontrol dengan nilai rata-rata 74,25 dan dibuktikan dengan hadil uji-t yang menyatakan bahwa bahwa thitung  > ttabel yaitu 2,2256 untuk thitung dan 2,0315 untuk ttabel yang menunjukkan adanya peningkatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daryanto, Menyusun Modul (Bahan Ajar untuk Persiapan Guru Dalam Mengajar), (Yogyakarta: Grava Media, 2013), hlm.9.
Firdaus, F., & Mulyani, P. S. (2018). Hydraulic Carica as A Local Commodity Potential Based Natural Scientific Instrument. Indonesian Journal of Science and Education, 2(2), 72-78.
Hazrul Iswadi, Sekelumit dari Hasil PISA 2015 yang Baru Dirilis (dalam artkel yang dilirils www.ubaya.id)
Hosnan, Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 (Bogor : Ghalia Indonesia, 2014), hlm.34.
Imas Kurniasih dan Berlin Sani, Panduan Membuat Bahan Ajar (Buku Teks Pelajaran) Sesuai Dengan Kurikulum 2013, (Surabaya : Kata Pena, 2014) Hlm. 61.
Kemendikbud, Perkemendikbud No.65 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah (Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013)
Kemendikbud, Perkemendikbud No.81 tahun 2013(jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014)
Musfiqon, Pendekatan Pembelajaran Saintifik, (Cet 1; Sidoarjo: Nizamia Learning Center, 2015) hal. 57
Odja, A.H. & C.S. Payu. Analisis Kemampuan Awal Literasi Sains Siswa pada Konsep IPA. Prosiding Seminar Nasional Kimia Jurusan Kimia FMIPA.(2014, Surabaya: Universitas Negeri Surabaya), hlm.40.
OECD. PISA SCIENCE FRAMEWORK, (Paris: OECD-PISA, 2013)
Pratowo andi, pengembangan bahan ajar (yogyakarta: Pedagogia, 2012) hal. 106
Rahmawati, Seminar Hasil TIMSS 2015.(dalam jurnal yang diterbitkan puspendik.kemdikbud.go.id) pdf
Ridwan, Mardhiyyah, A. Rusilowati, Materi dipresentasikan dalam Seminar Nasional Evaluasi Pendidikan: Pengembangan Instrumen Asesmen dengan Pendekatan Kontekstual untuk Mengukur Level Literasi Sains Siswa. Semarang: Jurnal Unnes, 2013)
Setiadi, D, Thesis: Pengembangan Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP. (Bandung: UPI, 2013), hlm.43
Sri jumini. PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS INQUIRY DITINJAU DARI SIKAP ILMIAH DAN KREATIVITAS MAHASISWA. Jurnal Spektra Kajian pendidikan sains. Vol. 2, no.1. 2016.
Sugiyono, Statistik Untuk Penelitian,( Cet. 21; Bandung: Alfabeta, 2012), hal. 2014, 79
Suharsimi Arikunto, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, ( Cet. 5; Jakarta: PT Bumi Aksara, 2005), hal. 86.
Trisnowati, E., & Firdaus, F. (2017). The Physical Laboratory Activities with Problem Solving Approach to Increase Critical Thinking Skill and Understanding Student Concept. Jurnal Pena Sains, 4(2), 138-145.
Vembriarto, Pengantar Pengajaran Modul (Yogyakarta: Media Abadi,2008), hlm.20
Yuyu Yulianti, Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPAJurnal Cakrawala Pendas: Vol. 3 No.2 Edisi Juli 201
Published
2020-08-16

STATISTICS

Abstract viewed = 199 times
PDF (BAHASA INDONESIA) downloaded = 173 times