ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KEATIF PADA PEMBELAJARAN FISIKA TOPIK BAHASAN MOMENTUM IMPULS

  • Euis Nurhakiki
  • Tri Isti Hartini
Keywords:
Pembelajaran fisika, kemampuan berpikir kreatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X IPA di SMAN 2 Cibeber tahun ajaran 2019/2020 pada materi momentum impuls. Metode penelitian yang digunakan ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas X IPA di SMAN 2 Cibeber. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan sampel sebanyak 12 siswa kelas X IPA pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Instrumen penelitian ini berupa tes kemampuan berpikir kreatif. Tes yang digunakan berupa soal essai sebanyak 5 soal berpikir kreatif meliputi aspek elaboration, originality, fluency dan flexibility dengan nilai rata-rata pretest sebesar 41,5 dan nilai rata-rata postestnya sebesar 76,67, sedangkan presentase jawaban benar siswa pada soal pretest sebesar 16,67% dan postest sebesar 63,34%. Dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran fisika dengan topik bahasan momentum impuls.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] H. D. Young, Fisika Universitas. Jakarta: Erlangga, 2002.
[2] Kristianti dan K. Devi, “Pengaruh Pembelajaran STEM-PjBL terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif,” Seminar. Nasional. Pendidikan. Fisika III., hlm. 267,
2017.J. Siswanto, “Keefektifan Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Kreatifitas Mahasiswa,” J. Penelitian. Pembelajaran. Fisika., hlm. 133, 2018
[3] H. Handoko, “Pembentukan Keterampilan Berpikir Kreatif pada Pembelajaran Matematika Model SAVI Berbasis Discovery Strategy Materi Dimensi Tiga Kelas X,” Edu Ma., vol. 6, no. 1, hlm 87, 2017.
[4] W. P. Sari et al., “Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA dalam Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) pada materi Fluida Statis,” J. Pendidikan. Teori. Penelitian. Pengembangan., vol. 3, no. 6, hlm. 751-757, 2018.
[5] R. N. Fajrina et al., “Peran Model Project Based Learning dalam Kemampuan Berpikir Kreatif Kelas XI IPA melalui Materi Fluida Statis,” J. Pendidikan. Teori Penelitian. Pengembangan., vol. 3, no. 3, hlm. 291-295, 2018.

[7] J. Siswanto, “Keefektifan Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Kreatifitas Mahasiswa,” J. Poenelitian. Pembelajaran. Fisika., 2017.
[8] Kornelia, “Pengaruh Pembelajaran STEM-PjBL terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif,” Seminar. Nasional. Pendidikan. Fisika III., hlm. 267, 2017.
Published
2020-08-16

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
PDF (BAHASA INDONESIA) downloaded = 0 times