ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA TOPIK USAHA DAN ENERGI

  • Tanti Yustia Rahma
  • Acep Kusdiwelirawan
Keywords:
Keterampilan Proses Sains, Pembelajaran Fisika

Abstract

Proses pembelajaran fisika pada saat ini masih terdapat kegiatan pembelajaran yang belum mengukur keterampilan proses sains siswa. Sehingga siswa belum dapat menemukan dan menyelesaikan masalah. Siswa juga masih jarang melakukan suatu pengamatan. Dimana keterampilan proses sains merupakan keterampilan yang harus dilatih pada siswa agar siswa dapat menerapkan metode ilmiah untuk menemukan suatu ilmu pengetahuan. Maka dari itu tujuan penelitian ini untuk menganalisis keterampilan proses sains siswa pada materi usaha dan energi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas X IPA di salah satu SMA swasta di Jakarta dengan sampel 20 siswa.  Instrument yang digunakan berupa 4 soal uraian keterampilan proses sains, yang meliputi aspek memprediksi, mengamati, mengelompokkan, dan mengkomunikasikan. Hasil analisis menunjukkan bahwa keterampilan proses sains pada aspek memprediksi memiliki persentase 49,5%, aspek mengamati memiliki persentase 63,5%, aspek mengelompokkan memiliki persentase 45%, dan pada aspek mengkomunikasikan memiliki persentase 36,5%. Sehingga pada aspek memprediksi, mengelompokkan, dan mengkomunikasikan tergolong kedalam kriteria rendah, sedangkan aspek mengamati tergolong kedalam kriteria sedang.  Sedangkan hasil analisis dari keseluruhan memiliki persentase sebesar 49,14%. Sehingga disimpulkan bahwa keseluruhan aspek keterampilan proses sains siswa di kelas X IPA masih tergolong rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] R. Umami and J. Budi, “ Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dengan Pendekatan

SETS (Science, Environment, Technology, Society) Pada Pokok Bahasan Fluida Statis untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Gedangan”. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 2(03), 2013.
[2] Amalia, R. H, et al., “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dengan Pendekatan Sets Terhadap Hasil Belajar Fisika Wilis” , 115–121, 2016.
[3] Rini, C. P, “Pengaruh Pendekatan Sets (Science, Environment, Technology and Society) Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar”. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(1), 56, 2017.
[4] Nasution, N. F, “Pengaruh Model Predict-Observe-Explain ( Poe ) Melalui Metode Eksperimen Terhadap Keterampilan Proses Sains”. 3(3), 18–24, 2016.
[5] Yuliani, H., Sunarno, W., & Suparmi. ”Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan Keterampilan Proses dengan Metode Eksperimen dan Demonstrasi ditinjau dari Sikap Ilmiah dan Kemampuan Analisis”. Jurnal Inkuiri, 1(3), 207–216, 2012.
Published
2020-08-16

STATISTICS

Abstract viewed = 162 times
PDF (BAHASA INDONESIA) downloaded = 208 times