STUDI PENDAHULUAN PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP KEMAMPUAN BEPIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA
Problem Based Learning, Scientific Approach, Berpikir Kreatif
Abstract
Problem Based Learning adalah desain kurikulum yang diidentifikasi siswa tidak sebagai penerima pasif pengetahuan tetapi sebagai pemecah masalah yang bisa mengembangkan pengetahuan. Dalam model PBL, siswa tidak hanya harus memahami konsep yang relevan dengan masalah yang menjadi pusat perhatian tetapi juga memperoleh pengalaman belajar yang berhubungan dengan keterampilan menerapkan metode ilmiah dalam memecahkan masalah dan menumbuhkan pola berpikir kritis. Proses pembelajaran fisika yang menggunakan model Problem Based Learning dapat didukung dengan suatu pendekatan pembelajaran yang tepat, salah satunya dengan pendekatan saintifik (Scientific Approach).Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Scientific Approach dan pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap berpikir kreatif siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian Nonequivalent Kontrol Group Design, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol tidak dipilih secara random. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Jakarta dengan teknk pengambilan sampel dengan cara sampling jenuh.
Downloads
References
[2] Elizabeth, A., Sigahitong, M., M. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMA. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, Volume 6, Nomor 2, p-ISSN: 2338-4530
[3] Noviar. D., Hastuti. R. D. (2015). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Scientific Approach terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Di SMA N 2 Banguntapan. Bioedukasi, Volume 8, Nomor 2, Agustus 2015, ISSN: 1693-2654