HASIL ANALISIS KEBUTUHAN MEDIA KINEMATIC CAR UNTUK PEMBELAJARAN DI SMA
Media, Pembelajaran, Arduino IDE
Abstract
Pada proses pembelajaran banyak yang dibutuhkan contohnya seperti media, namun sampai sekarang masih ada sekolah yang masih menggunakan media konvensional. Penelitian ini bertujuan mengembangkan produk media pembelajaran kinematic car dalam materi kecepatan dan percepatan di SMA kelas X. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model Borg & Gall. Dalam pembuatan media pembelajaran kinematic car mengkombinasikan sensor Infrared IR Obstacle dan sensor Ultrasonic HC-SR04 dengan dihubungkan dengan aplikasi pemrograman Arduino IDE (Integrated Development Environment) untuk menampilkan jarak dan waktu pada tampilan display. Analisis kebutuhan yang dilakukan di SMAN 5 Tambun selatan dan SMA Budhi Warman II Jakarta Timur didapatkan hasil berupa 80% siswa belum mengetahui kinematic car , 40 % siswa cukup tertarik dengan kinematic car , 48 % siswa setuju pada saat praktikum menggunakan kinematic car . Namun dalam penulisan ini dibahas studi pendahuluan tentang analisis kebutuhan pengembangan kinematic car sehingga penelitian ini dapat bermanfaat sebagai penunjang pembelajaran fisika.
Downloads
References
[2] Hayati, Sri. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. Magelang : Graha Cendekia.
[3] Arfiansyah, Ligi Putra, Isa Akhlis, Susilo. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Scratch pada Pokok Bahasan Alat Optik. Semarang. Vol 8 No.1. hlm 67-74.
[4] Suryani, Nunuk. A Setiawan. Aditin P. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
[5] Hasanudin, Cahyo. 2017. Media Pembelajaran : Kajian Teoritis dan Kemanfaatan. Sleman : CV Budi Utama.
[6] Yusro, Muhammad.2016. Modul Teori dan Praktikum Mikrokontroler Platform Arduino. Jakarta.
[7] Santoso, Hari. 2015. E-book Panduan Praktis Arduino untuk Pemula. Trenggalek.
[8] Sugiono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta