Pengembangan Media Animasi Menggunakan ADOBE FLASH CS6 Untuk Pembelajaran Fluida Statis di SMA

  • Enggar Yudistira Alauddin
  • M Mukhlis Rohmadi
  • Hadma Yuliani
Keywords:
Media animasi, adobe flash CS6, fisika, fluida statis

Abstract

Media pembelajaran materi fisika berbasis animasi Adobe Flash CS6 pada materi fluida statis perru dikembangkan. Penelitian ini bertujuan (1) menggambarkan kesiapan media animasi berdasarkan analisis kebutuhan siswa, (2) menggambarkan kesiapan media animasi berdasarkan spesifikasi media, dan (3) menggambarkan kesiapan media animasi berdasarkan kepraktisan media. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan model ASSURE melalui tahap yaitu analisis kebutuhan, penentuan tujuan; penentuan media, dan materi; penggunaan media dan materi; dan evaluasi. Instrumen berupa angket diberikan kepada ahli materi, ahli media, dan siswa. Subjek penelitian adalah siswa MA Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) Palangkaraya berjumlah 39 siswa. Hasil penelitian  menunjukkan: (1) analisis kebutuhan siswa menunjukkan siswa tidak pernah menggunakan media animasi dalam belajar fisika dengan persentase 64,10%, siswa mudah memahami pelajaran fisika menggunakan media animasi dengan persentase  92,31%, dan siswa setuju penggunaan media animasi sangat cocok diterapkan sebagai media pembelajaran fisika dengan persentase 100%; (2) Uji kelayakan isi oleh ahli materi mendapatkan perolehan rata-rata skor 4,24 dengan persentase 82,2% kriteria sangat layak dan oleh ahli media mendapatkan perolehan rata-rata 4,03 dengan persentase 80,56% kriteria sangat layak; (3) uji kepraktisan mendapatkan perolehan rata-rata skor 4,18 dengan persentase 84,00% kriteria sangat praktis. Hal tersebut menunjukkan media animasi yang dikembangkan layak digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Mundilarto, Penilaian Hasil Belajar Fisika, Yogyakarta: Pusat Pengembangan Instruksional Sains, 2014
[2] G. B. Samudra, et, al., “Permasalahan-permasalahan yang Dihadapi Siswa SMA di Kota Sisingaraja dalam Mempelajari Fisika,” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, Vol. 4, No. 1, pp. 1-7, 2014.
[3] M. Rasyid, et. al., “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Dalam Konsep Sistem Indera pada Siswa Kelas XI SMA.” Jurnal Pendidikan Biologi, Vol. 7, No. 2, pp. 69-80, 2016.
[4] Firdaus, Firdaus. "Efektivitas penggunaan media audio-visual dalam pembelajaran Sains." SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains 2.1 (2016): 46-54.
[5] S. E. Smaldino, et al., Instructional Technology & Media for Learning (Terjemahan). Jakarta: Prenadamedia Group. 2014.
[6] K. M. Puji, et al, “Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Pembelajaran Bentuk Molekul di SMA,” Jurnal Pendidikan Kimia, Vol. 1. No. 1, pp. 59-65, 2014.
[7] D. Darmawan, Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.
[8] R. D. Anggraeni dan R. Kustijono, “Pengembangan Media Animasi Fisika Pada Materi Cahaya Dengan Aplikasi Flash Berbasis Android,” Jurnal Pendidikan Fisika dan Aplikasinya (JPFA), Vol. 3, No. 1, pp. 11-14, 2013.
[9] M. Yaumi, Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group, 2018.
[10] D. Darmawan, Mobile Learning Sebuah Aplikasi Teknologi Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2016.
[11] B. Rini (Ed.), Mudah Membuat Animasi dengan Adobe Flash CS5. Yogyakarta: Andi Offset, 2011.
[12] A. M. Yusuf, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Untuk Mata Kuliah Fisika Modern Materi Radiasi Hitam,” Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, Vol. 11, No. 1, pp. 57-71, 2015.
[13] S. Muyaroah dan M. Fajartia, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Dengan Menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS6 Pada Mata Pelajaran Biologi,” Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, Vol. 6, No. 2, pp. 79-83, 2017.
[14] F. H. Rahmaibu, et al., “Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn,” Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, Vol. 7, No. 1, pp. 1-10, 2016.
[15] N. Khuzaini dan R. H. Santosa, “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Trigonometri Menggunakan Adobe Flash CS3 Untuk Siswa SMA,” Jurnal Riset Pendidikan Matematika., Vol. 3, No. 1, pp. 88-99, 2016.
[16] Supriyadi, Pengembangan Media Animasi Menggunakan Adobe Flash CS6 Materi Termodinamika Untuk Siswa SMK Kelas XI Teknik Otomotif. Skripsi tidak diterbitkan. Palangka Raya: IAIN Palangka Raya. 2017.
[17] B. M. Abdullah, Peningkatan Pemahaman Konsep dan Prestasi Belajar Matematika Menggunakan Media Adobe Flash (PTK di Kelas VIII Semester II SMPN 2 Wuryantoro Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi tidak diterbitkan. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013.
[18] G. Prasetyo dan L. D. Prasojo, “Pengembangan Adobe Flash Pada Pembelajaran Tematik-Integratif Berbasis Scientific Approach Subtema Indahnya Peninggalan Sejarah”, Jurnal Prima Edukasia., Vol. 4, No. 1, pp. 54-66, 2016.
[19] W. A. Fakhriyah, “Pengembangan Media Pembelajaran IPA Fisika Berbasis Multimedia Flash CS5 Pokok Bahasan Optika Geometri Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Winongan,” Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Negeri Malang., Vol. 2, No. 1, pp. 1-11, 2014.
[20] Firdaus, Firdaus. "Pengembangan media pembelajaran bervisi SETS berbantuan komputer untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah." Indonesian Journal of Science and Education 1.1 (2017): 17-29.
[21] F. D. Astuti, “Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Pendekatan Multirepresentasi Untuk Perolehan Belajar Konsep Hukum Archimedes,” Jurnal Pendidikan dan Pembelajran Khatulistiwa., Vol. 5, No. 9, pp. 1-13, 2016.
[22] W. Rahmansyah, “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash CS3 Pada Kelas 1 SDN Bancaran 3 Bangkalan,” Jurnal Ilmiah Edutic., Vol. 1, No. 1, pp. 1-11, 2014.
[23] M. N. Setia., et al., “Pengembangan Media Pembelajaran Dengan Menggunakan Adobe Flash CS6 Pada Materi Hukum Newton Tentang Gerak dan Penerapannya,” Jurnal Edufisika., Vol. 3, No. 1, pp. 55-67, 2018.
[24] Abyadati, Silka, Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Animated Video (Video Teranimasi) Materi Fluida Untuk SMA Kelas XI. Malang: Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Negeri Malang, 2015.
[25] Siregar, Syofian, Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara, 2015.
[26] Sugiyono, Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta, 2017.
[27] S. Arikunto, et. al., Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Jakarta: Prenadamedia Group, 2010.
Published
2020-08-16

STATISTICS

Abstract viewed = 157 times
PDF (BAHASA INDONESIA) downloaded = 237 times