GADGET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN BUDAYA DISIPLIN ANAK
Abstract
Penggunaan gadget yang tidak pada tempatnya bisa menimbulkan dampak yang tidak baik. Kosentrasi belajar menurun, kekerasan, tawuran bahkan seks bebas, dan narkoba. Salah satu pemanfaatan yang baik adanya gadget adalah digunakannya sebagai fasilitas pembelajaran fisika yang mampu meningkatkan kedisiplinan anak, baik dengan pengkondisian dirumah maupun di sekolah, sehingga kretaivitas siswa tersalurkan, dan bakatnya berkembang dengan baik.anak tidak ketinggalan teknologi, dan informasi. Pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan tidak membosankan, serta guru lebih bisa banyak melakukan variasi dalam pembelajaran.
Downloads
References
Beauty Manumpil, dkk. Hubungan Penggunaan Gadget dengan Tingkat Prestasi iswa di SMA Negeri 9 Manado. Jurnal Keperawatan (e-Kep) Volume 3. Nomor 2. April 2015.
Danang Sasongko. 2019 Tahun Politik dapat Melupakan Perlindungan Anak. Komnas PA Jateng. 28 Desember 2017.
Herry Fitriyadi. Integrasi Teknologi Informasi Komunikasi dalam pendidikan : Potensi Manfaat, Masyarakat berbasis Pengetahuan, Pendidikan Nilai, Strategi Implementasi & Pengembangan Profesional. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Volume 21, Nomor 3, Mei 2013.
Khoiul Muzaki. Siswa SMP di Wonosobo dikabarkan tewas usai tawuran. Tribunnews, 30 Januari 2018..
Muhammad Iqbal, Internet Sehat dalam Keluarga, Majalah Ummi No. 01. XXX Januari 2018
M. Quraish Shihab, 1998. Wawasan al-Qur'an, Bandung: Mizan.
Nurul rahma. 2016. Bagaimana Mengatasi Anak Kecanduan Gadget. http:// bukan bocah biasa.com. (diakses feb 2018)
Republika. Kasus-kasus Seks Bebas Pelajar dalam Tiga Bulan Teakhir. 26 Maret 2018.
Said Ramadan. Tiga faktor penyebab tawuran di kalangan Pelajar. Sindonews. 13 Februari 2018.
Sanjaya, R., Wibhowo, C. (2011).Menyiasati tren digitas pada anak menggunakan teknologi informatika. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.
Sri Jumini. Pengembangan Media Ular Tangga dalam Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Living value Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Sains dan Pendidikan Sains UKSW. Vol. 5, No. 1, 21 Juni 2014.
S. Margono. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Suwardi Lubis. 2015. Pandangan AlQuran terhadap Perkembangan Teknologi dan Informasi.http://suwardilubis.blogspot.co.id/2015/12/ pandangan-al-quran-terhadap.html. (diakses 12 desember 2017, jam 03.30)
Tatang M. Arifin. 1995. Menyusun rencana penelitian. Jakarta: Grafindo Persada.
Wawan Setiawan. Era digital dan Tantanganya. Prosiding Seminar Nasional Universitas Pendidikan Indonesia Tahun 2017.
Watruhiayawati. Gadget sebagai Media Pembelajaran.https://watruhiawati.wordpress.com/2013/11/11/gadget-sebagai-media-pembelajaran/ (Februari 2018 jm 14)
Yusmi Warisah. Pentingnya Pendampingan Dialogis Orang tua dalam Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan UMP 7 November 2015.