CERITA FIKSI SEBAGAI BACAAN PENGAYAAN PEMBELAJARAN SAINS DI SEKOLAH
Abstract
Sastra dan sains sebenarnya bukanlah dua kutub yang terpisah dan bertolak belakang. Keduanya semestinya saling mengisi dan berjalan beriringan, termasuk dalam pembelajaran sains di sekolah. Cerita fiksi dapat dijadikan sebagai bacaan pengayaan sains yang menarik. Di saat guru kesulitan menemukan dan menentukan bahan pembelajaran pengayaan sains yang tepat cerita fiksi bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan. Sebagai bahan bacaan pengayaan sains, cerita fiksi tentulah sangat menarik karena cenderung diminati siswa ketimbang buku non-fiksi. Selain itu, ceria fiksi juga punya beberapa kelebihan, yakni memperkaya wawasan dan pengetauan, memberikan pelajaran moral dan membentuk karakter, juga mengasah imajinasi yang dibutuhkan dalam pengembangan sains. Namun demikian, tidak semua karya fiksi dapat dijadikan sebagai bahan bacaan pengayaan sains. Guru mesti terlebih dulu mengetahui karya fiksi cocok, meliputi unsur keterbacaan, tema dan isi cerita, dan panjang tulisan.
Downloads
References
Guntur Tarigan, Harry. 1991. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Penerbit Angkasa
Nugroho, M. Yusuf Amin. 2012. Fiksi Sains dan Spirit Kemajuan (Ebook). Wonosobo: 2012.
Rokhmansyah, Alfian. 2014. Studi dan Pengkajian Sastra: Perkenalan Awal Terhadap Ilmu Sastra. Jogjakarta: Graha Ilmu.
Sarjono, Agus R. 2001. Sastra Dalam Empat Orba. Yogyakarta: Bentang.
Sudarminta, J. 2002. Epistemologi Dasar: Pengantar Filsafat Pengetahuan. Jogjakarta: Kanisius.
Tim Penyusun Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendididkan Dasar Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar. 2013. Panduan Teknis Pembelajaran Remedial dan Pengayaan di Sekolah Dasar.
Wicaksono, Andri. 2014. Pengkajian Prosa Fiksi. Jakarta: Garuda Wacana.