BAYANG-BAYANG IBNU ‘AṬIYAH DALAM TAFSĪR AL-BAḤRU AL-MUḤĪṬ KARYA ABŪ ḤAYYĀN AL-ANDALŪSĪY

Penulis

  • Saichul Anam Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.59579/qaf.v6i01.5954

Kata Kunci:

Hermeneutik, Abū Ḥayyān, Keterpengaruhan Sejarah, Ibnu ‘Aṭiyah

Abstrak

Tulisan ini bermaksud untuk mentelaah bentuk keterpengaruhan Abū Ḥayyān al-Andalusīy (w.745 H) atas Ibnu ‘Aṭiyah (w.542 H) dalam karya tafsirnya al-Baḥr al-Muḥīṭ fī al-Tafsīr. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui studi pustaka (Library studies) dengan menggunaka pendekatan teori keterpengaruhan Gadamer. Sumber data dalam artikel meliputi sumber primer dan sumber sekunder. Sumber data primer adalah objek material utama dalam penelitian, yaitu Al-Baḥru al-Muḥīṭ fī Tafsīr karya Abū Ḥayān al-Andalusīy dan tafsir Al-Muḥarrar al-Wajīz. Artikel ini berangkat dari satu asumsi bahwa keterpengaruhan dalam sebuah tradisi pemikiran adalah sebuah keniscayaan yang tidak bisa dinafikan. Setiap pemikiran selalu berada bayang-bayang situasi dan kondisi tertentu yang bisa membentuk pola-pola pemikaran dan pembacaan atas teks, atau dalam teori Gadamer disebut dengan kesadaran keterpengaruhan sejarah. Tulisan ini menemukan bahawa tafsir Abū Ḥayyān banyak terpengaruh dengan Ibnu ‘Aṭiyah dalam beberapa aspek, mulai dari metodologi hingga subtansi. Kesimpulan ini hadir setelah penulis melakuan pelacakan pada kedua tafsir ini dan menemukan keterpengaruhan ini bisa dilihat dalam aspek penggunaan riwayat, bahasa, qiraat, Hukum Islam.

Referensi

Al-Abbar. Muhammad bin Abdullah bin Abu Bakr bin Abdullah bin Abdurrahman al-Quda’i bin, Al-Mu’jam fi Aṣhab Abi ‘Ali al-Sadafi, Cairo: Maktabah al-Saqafah al-Diniyyah, 2000.
Al-Andalusīy. Abū Ḥayyān, Al-Baḥru al-Muḥīṭ fī Tafsīr, Beirut: Dār al-Fikr, 1420 H).
Al-Dzahabīy. Muḥammad Ḥusain, Al-Tafsīr wa Al-Mufassirūn, Kairo: Maktabah Wahbah, 1431 H.
Al-Dzahbīy. Muhammad Ḥusein, al-Tafsīr wa al-Mufassīrūn, Kairo: Maktabah al-Qāhiroh, 1431
Al-Jazirīy. Shamsu al-Dīn Abū al-Khair Ibn, Ghāyah al-Nihāyah fī Ṭabaqāt al-Qurrā`, Ttp: Maktabah Ibn Taimiyah, 1351 H
Al-Nu’māniy. Ibnu ‘Ādil al-Ḥanbalīy al-Dimasyqie, Al-Lubāb fī ‘Ulūm al-Kitāb, Beirut: Dār al-Kutub al-Ilmiyah, 1431 H
Al-Ṣafdīy. Ṣalāḥ al-Dīn Khalīl bin Aibak bin ‘Abdullāh, Al-Wāfīy bi al-Wafiyāt, Beirut: Dār Iḥyā` al-Turāth, 2000 M.
Al-Sharbīnīy. Shamsu al-Dīn Muḥammad bin Aḥmad al-Khaṭīb, al-Sirāj al-Munīr fī al-I’anāh ‘alā Ma’rifah Ba’ḍī Ma’ānīy Kalāmi Rabbinā al-Ḥakīm, Kairo: Maṭba’ah Būlāq, 1285 H.
Al-Subkīy. Tāj al-Dīn, Ṭabāqāt al-Shāfi’īyah al-Kubrā, Ttp: Hajr Liṭabā’ah wa al-Tauzīg, 1413 H.
al-Syaukānīy. Muḥmmad bin ‘Alīy bin Muḥammad bin ‘Abdullāh al-Yamanīy, Fatḥ al-Qadīr, Beirūt: Dār Ibn Kathīr, 1414 H.
Al-Talmisānīy. Shihāb al-Dīn Aḥmad bin Muḥammad Al-Muqrīy, Nafḥ al-Ṭīb min Ghuṣn al-Andalus al-Raṭīb, Lebanon, Dār Ṣādir, 1967.
Farida. Nugrahani, Metode Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa, Solo: Cakra Books, 2014.
Gadamer. Hans-Georg, Truth and Method, terj. Ahmad Sahidah, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2020.
Haq, Elmia Zarchen, and Khoirul Umami. “TELAAH KITAB TAFSIR BERCORAK LUGHAWI DI ABAD PERTENGAHAN (Studi Komparasi Antara Tafsir Anwar at-Tanzil Wa Asrar at-Ta’wil Fi at-Tafsir Dan Al- Bahr Al-Muhit).” Al Muhafidz: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir 2, no. 8.5.2017 (2022): 2003–5. https://doi.org/https://doi.org/10.57163/almuhafidz.v2i1.
Ibn ‘Irfāh. Muḥammad bin Muḥammad al-Waraghmanī al-Tūnisīy al-Mālikīy, Tafsīr al-Imām Ibn ‘Irfah, Tunisia: Markaz al-Buḥūth bi al-Kulliyat al-Zaitūnīyah, 1986.
Ibnu ‘Aṭīyah. Abū Muḥammad ‘Abdu al-Ḥaq bin Ghālib bin ‘Abdu al-Raḥman bin Tamām al-Andalusīy, Al-Muḥarrar Al-Wajīz, Beirut: Dār al-Kutub Al-Alamīyah, 1422
Ibnu Taimiyah. Taqīy al-Dīn Abū al-‘Abbās bin Muhāmmad, al-Fatāwā al-Kubrā, Beirut: Dār al-Kutub al-‘Ilmiyah, 1408 H.
Isnaini, Subi Nur. “HERMENEUTIKA AL-QURṬUBĪ: Pengaruh Ibn Aṭiyyah Terhadap Al-Qurṭubī Dalam Tafsir Al-Jāmi’ Li Aḥkām Al-Qur’ān.” Suhuf 15, no. 2 (2022): 379–402. https://doi.org/https//doi.org/10.22548/shf.v15i2.752.
Maghniyah. Muhammad Jawad, At- Tafsīr al- Kasyīf, Beirut: Dār al- Malayain, 1968
Matthew B. Miles, A. Michael Huberman, dan Johny Saldana, Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook, United State Of America: SAGE: 2014.
Mohd Saad, Mohd Faizulamri bin, Sabri bin Mohamad, Latifah Abd Majid, Haziyah Hussin, Mohd Fadlan Othman, and Mohd Arif Nazri. “Abu Hayyan Al-Andalusi: A Qira’at Figure of 8th Century.” Journal of Applied Sciences Research 8, no. 8 (2012): 4181–86.
Mubarok, Maryam, and Mahdi Qais Abdul Kareem. “THE RHETORICAL MIRACLE IN THE INTERPRETATION OF THE ALBAHR ALMUHIT BY ABU HAYYAN.” AUJIS 13, no. 2 (2022): 607–42. https://doi.org/10.34278/aujis.2022.174457.
Samsudin. Sahiron, Hermenutika dan Pengembangan Ulumul Qur’an, Yogyakarta; Pesantren Nawasea Press, 2017.
Saleh, Walid A. “Preliminary Remarks on the Historiography of Tafsīr in Arabic: A History of the Book Approach.” Journal of Qur’anic Studies 12, no. 1–2 (2010): 6–40. https://doi.org/10.3366/E146535911000094X.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-04

Cara Mengutip

BAYANG-BAYANG IBNU ‘AṬIYAH DALAM TAFSĪR AL-BAḤRU AL-MUḤĪṬ KARYA ABŪ ḤAYYĀN AL-ANDALŪSĪY. (2024). Qaf: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 6(01), 59-78. https://doi.org/10.59579/qaf.v6i01.5954