Formulasi Kaidah al-Idzhar dan al-Idhmar sebagai Pendekatan Linguistik Al-Qur`an

Penulis

  • Yurid Shifan A'lal Firdaus UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.59579/qaf.v6i01.5196

Kata Kunci:

the rules of interpretation, al-iz}ha>r, al-id}ma>r, and the Arabic language of the Qur’an.

Abstrak

Proses menafsirkan Alquran membutuhkan peranti keilmuan untuk dapat mengungkap makna yang terkandung dalam setiap ayatnya. Salah satu peranti yan harus dimiliki dan digunakan adalah ilmu linguistik bahasa Arab sesuai dengan bahasa yang digunakan Alquran. Dalam rangkaian kalimat Alquran terdapat penggunaan lafaz yang disebutkan secara eksplisit secara berurutan, maupun disebutkan secara implisit menggunakan kata ganti. Pola kalimat demikian terformulasi dalam kaidah al-iz}ha>r dan al-id}ma>r. Artikel ini akan mengulas kaidah al-iz}ha>r dan al-id}ma>r serta eksistensinya dalam penafsiran Alquran. Tujuan yang hendak dicapai melalui kajian ini adalah mengungkap implikasi kaidah al-iz}ha>r dan al-id}ma>r dalam tafsir sekaligus menampilkan keindahan sistematika bahasa Alquran. Sumber artikel ini adalah literatur yang berkaitan dengan kaidah-kaidah tafsir dan kajian relevan sehingga metode penelitian yang digunakan pada artikel adalah kualitatif, deskriptif-analitis. Setelah melewati proses deskripsi dan analisis data kesimpulan yang didapatkan adalah kaidah al-iz}ha>r dan al-id}ma>r dapat digunakan sebagai pendekatan Alquran dari sisi kebahasaan untuk mengungkap makna yang terkandung dalam sistematika bahasa Arab Alquran baik dinarasikan secara jelas maupun tersimpan. Kaidah al-iz}ha>r dan al-id}ma>r juga menjadi argumentasi bahwa pemilihan diksi Alquran mengandung pesan dan tujuan yang dapat ditelaah melalui kaidah-kaidah bahasa dan tafsir secara integratif.  

Referensi

Abdul Mustaqim & Sahiron Syamsuddin. 2002. Studi Al-Qur’an Kontemporer; Wacana Baru Berbagai Metodologi Tafsir. Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya.
Ali Iyazi, Al-Sayyid Muhammad. 1373 H. al-Mufassiru>n; Haya>tuhum wa Mana>hijuhum (Teheran: Wiza>rat al-Thaqa>fah wa al-Irsha>d al-Isla>miy.
Asep Fu’ad, Iwan Caca Gunawan, dan Irsyad Al Fikri Ys. 2021. “Memahami Tafsir Al-Qur’an dengan Kaidah Bahasa Arab”, Bayani: Jurnal Studi Islam, Vol. 1, No. 2, September.
Aziz, Moh. Ali. 2020. Mengenal Tuntas Al-Qur’an. Surabaya: Imtiyaz.
Baghdadi (al), Ali bin Muhammad bin Ibrahim. 2004. Luba>b al-Ta’wi>l fi> Ma’a>ni> al-Tanzi>l, Juz 1, (Beirut: Da>r al-Kutub al-‘Ilmiyyah.
Baghawi (al). Abu Muhammad al-Husain bin Mas’ud. 1411 H. Tafsi>r al-Bag}awi>: Ma’a>lim al-Tanzi>l, Juz 6. Riyad: Da>r al-T}ayyibah.
Departemen Agama Republik Indonesia. 2009. Alquran dan Terjemahanya. Bandung: P.T. Sigma Eksamedia Arkenleena.
Dimyathi, M. Afifuddin. 2023. Catatan Ringan dan Unik Bahasa Arab Al-Qur’an. Jakarta: Qaf.
Fairuzzabadi (al). Muhammad bin Ya’kub. 2005. al-Qa>mu>s al-Muhi>t}. Beirut: al-Risa>lah.
Fatawi, Faisol. 2009. Tafsir Sosioliguistik. Malang: UIN Malang Press.
Fithrotin. 2022. “Kaidah Fi Wadihi Dilalah dalam Tafsir At-Tabari”, Al Furqan: Jurnal Ilmu Al Quran dan Tafsir, Vol. 5, No. 1, Juni.
Hamzah, Amir. 2020. “Kaidah Tafsir dan Aplikasinya Pada Masa Nabi dan Sahabat”, Al-Mubarak; Jurnal Kajian Al-Qur’an & Tafsir, Vol. 5, No. 2.
Harbi (al), Husain bin Ali bin Husain. 1996. Qawa>’id al-Tarji>h} ‘inda al-Mufassiri>n; Dira>sat Naz}ariyyat Tat}biqiyyat, Juz 2. Riyadh: Da>r al-Qa>sim.
Harun, Salman. 2020. Kaidah-Kaidah Tafsir. Jakarta: Qaf.
Hasyimi (al), Ahmad. 1943. Jawa>hir al-Bala>gah; Nuskhah Munaqqahah Jadi>dah (Beirut: al-Ida>rah al-‘Ulya> li al-Jawaza>t al-‘Ilmiyyah.
Ibnu ‘Asyur, Muhammad al-Thahir. 1984. Tafsi>r al-Tah}ri>r wa al-Tanwi>r, Juz 26 dan 28. Tunisia: Da>r al-Tuni>siyah.
Ibnu Faris, Ahmad. 1979. Mu’jam Maqa>yis al-Lugah, Juz 3. Beirut: Da>r al-FIkr.
Ibnu Manzur, Jamaluddin Muhammad bin Mukarram. 2010. Lisa>n al-‘Arab, Juz 6, Kuwait: Da>r al-Nawa>dir.
Mudzhar, H.M. Atho. 2004. Pendekatan Studi Islam Dalam Teori dan Praktek. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mustaqim, Abdul. 2010. Epistemologi Tafsir Kontemporer. Yogyakarta: LkiS.
______________, 2019 “Tafsir Linguistik (Studi atas Tafsir Ma’anil Qur’an Karya al-Farra’)”, Jurnal Qof, Volume 3, No. 1, Januari.
Qurtubi (al), Abu Abdillah Muhammad bin Ahmad bin Abi Bakr. 2006. al-Ja>mi’ li> Ahka>m al-Qur’a>n wa al-Mubayyin lima> Tad}ammanah min al-Sunnah wa Ay al-Furqa>n, Juz 4. Beirut: al-Risa>lah.
Razi (al), Fakhruddin Muhammd bin Umar. 1981. Mafa>tih} al-Gaib, Juz 32. Beirut: Da>r al-Fikr.
Sabt (al), Khalid bin Ustman. 2005. Qawa>’id al-Tafsi>r; Jam’an wa Dira>satan, Juz 1. Beirut: Da>r Ibnu ‘Affa>n.
Saeh, Bassam. 2015. The Miraculous language of The Qur’an; Evidence of Divine Origin. London: The International Institute of Islamic Thought.
Saepudin, Dindin Moh.. 2019. “Penerapan Kaidah La Nahyu Pada Juz 30 (Analisis Muhammad Khalid al-Sabt)”, Maghza: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Vol. 4, No. 1.
Shabuni (al), Muhammad Ali. 1981. S}afwat al-Tafa>si>r, Juz 3. Beirut: Da>r al-Qur’a>n al-Kari>m.
Shihab, M. Quraish. 2014 Mukjizat Al-Qur’an; Ditinjau dari Aspek Kebahasaan, Isyarat Ilmiah, dan Pemberitaan Gaib. Bandung: Mizan.
_______________. 2019. Kaidah Tafsir. Tangerang: Lentera Hati.
Suyuti (al), Jalaluddin. 1979. al-Itqa>n fi> ‘Ulu>m al-Qur’a>n, Juz 1. Beirut: Da>r al-Fikr.
Wahid Salih, Bahjat Abdul. 1993. al-I’ra>b al-Mufas}s}al li> Kita>b Alla>h al-Murattal, Juz 9. Beirut: Da>r al-Fikr.
Wijaya, Aksin. 2020. Arah Baru Studi Ulumul Qur’an. Yogyakarta: IRCiSod.
Zarkasyi (al), Muhammad bin Abdullah. 1984. al-Burha>n fi> ‘Ulu>m al-Qur’a>n, Juz 1. Kairo: Da>r al-Tura>th.
Zuhaili (al), Wahbah. 2009. al-Tafsi>r al-Muni>r fi al-Aqid>ah wa al-Shari>’ah wa al-Manhaj, Juz 1 dan 2. Damaskus: Da>r al-Fikr.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-04

Cara Mengutip

Formulasi Kaidah al-Idzhar dan al-Idhmar sebagai Pendekatan Linguistik Al-Qur`an. (2024). Qaf: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 6(01), 1-18. https://doi.org/10.59579/qaf.v6i01.5196