Peningkatan Kualitas Pelayanan dan Media Promosi Menggunakan Teknologi Digital Pada Desa Bara Batu Kabupaten Pangkep

  • Wahyu Nurdiansyah Nurdin
  • Rusni Riani POLITEKNIK STIA LAN MAKASSAR
  • A Muh Firjatullah Aras
  • Muh Sigit Nur Agung
Keywords:
Teknologi Digital, Pelayanan Publik, Promosi, Digitalisasi desa

Abstract

Diera digitalisasi saat ini teknologi digital telah dimanfaatkan dalam berbagai aspek, salah satunya adalah tata kelola administrasi pemerintahan desa yang telah mulai menggunakan teknologi digital dalam proses pembangunan desa berkelanjutan mulai dari pemberian layanan, informasi hingga peningkatan peluang bisnis lokal melalui promosi. Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk membantu desa untuk mewujudkan sistem pelayanan berbasis digital dengan pemanfaatan teknologi digital melalui inovasi digitalisasi desa dan pendampingan guna meningkatkan kualitas layanan sehingga terwujudnya good governance pada desa terkait dengan penerapan E-Government melalu inovasi yang telah dirancang dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat . Adapun metode pengumpulan data pada pengabdian ini adalah dengan melakukan observasi, wawancara terhadap aparat desa serta teknik dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah penerapan sistem informasi berbasis digital yang dilengkapi dengan berbagai fitur-fitur yang terintegrasi dan digunakan sebagai media untuk mengakses layanan, pencatatan yang lebih akurat hingga sebagai media promosi secara online, dengan adanya pembuatan video pengenalan produk. Penerapan digitalisasi desa membantu meningkatkan kualitas pelayanan desa Bara Batu menjadi lebih efektif dan efisien.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, S. and Rachmadi, K.R. (2022) ‘Digitalisasi Pemasaran Melalui Sosial Media Marketing Pada Pelaku Umkm Guna Peningkatan Pendapatan’, RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), pp. 442–448. Available at: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i2.1866.
Astuti, A.W. et al. (2023) ‘Volume 2 Nomor 9 September 2023’, 2(September), pp. 2787–2792.
Birokrasi, M.R. (2016) Pelayanan Publik, Jakarta: Nimas Ultima. Available at: https://www.academia.edu/download/37946841/20_artikel7.pdf.
Fardani, I. et al. (2022) ‘Digitalisasi Desa Di Desa Cikole Lembang’, RESONA : Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 5(2), p. 181. Available at: https://doi.org/10.35906/resona.v5i2.806.
Gunawan, A. and Chakti, R. (2023) ‘PENGEMBANGAN DIGITAL MARKETING PADA AGROINDUSTRI KOPI’, 8(1), pp. 36–44.
Lailiyah, K. and Sri, U.S. (2022) ‘RISTEK : Jurnal Riset , Inovasi dan Teknologi Kabupaten Batang’, 6(2), pp. 26–34.
Madya Putra Yaumil Ahad and Nugraha Barsei, A. (2023) ‘Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik: Best Practice dari Pemerintah Daerah di Indonesia’, Jurnal Transformasi Administrasi, 13(01), pp. 52–74. Available at: https://doi.org/10.56196/jta.v13i01.236.
Yamin, N. et al. (2023) ‘Peningkatan Pelayanan Sistem Informasi Berbasis Elektronik Pada Perangkat Kelurahan di Kelurahan Lakkang Kota Makassar’, 01(01), pp. 38–47.
Published
2024-10-30
How to Cite
NurdinW., RianiR., ArasA. and Nur AgungM. (2024) “Peningkatan Kualitas Pelayanan dan Media Promosi Menggunakan Teknologi Digital Pada Desa Bara Batu Kabupaten Pangkep”, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 11(3), pp. 223-230. doi: https://doi.org/10.32699/ppkm.v11i3.7836.
Section
Pengabdian

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times