EKSPLORASI PRODUK UNGGULAN DESA TOMOK

  • Fitri Yani Panggabean Akuntansi, Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Nadya Andhika Putri Sistem Komputer, Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Maimunah Siregar Agroteknologi, Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Muhammad Bukhori Dalimunthe Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Medan
Keywords:
Produk unggulan, Desa Tomok

Abstract

Makalah ini bertujuan untuk mengeksplor produk unggulan Desa Tomok, yang mana desa tersebut merupakan desa destinasi wisata Geopark Kaldera Danau Toba.  Desa Tomok memiliki 3 dusun, dimana masyarakat bekerja sebagai petani dan pelaku UMKM. Metode penelitian menggunakan survey kepada 24 pelaku UMKM disemua dusun dengan menggunakan kuesioner dari Kementrian Koperasi dan UKM. Hasil menemukan bahwa produk unggulan Desa Tomok berupa kacang garing yang terdapat pada Dusun 1. Produk tersebut mengungguli produk lainnya yang terdapat di Desa Tomok dengan pertimbangan; 1) produk tersebut telah memiliki legalitas dari Pemerintah Desa Tomok; 2) memiliki komunitas yang bernama Kelompok Usaha Bersama Gabe; 3) memiliki merek dan desain kemasan; dan 4) bahan baku utama diperoleh dari petani lokal. Identifikasi produk unggulan yang terdapat di Desa Tomok dapat dijadikan referensi bagi para pemilik modal untuk melakukan investasi pada UMKM tersebut, begitu juga dengan UMKM lainnya yang terdapat di Desa Tomok, mengingat masih banyaknya potensi berupa pariwisata yang belum optimal dilakukan oleh UMKM lokal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dalimunthe, M.B., 2017, Keunggulan Bersaing Melalui Orientasi Pasar dan Inovasi Produk. Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen, 3 (2): 18-31, http://ojs.uma.ac.id/index.php/bisman /article/view/357/295

Dalimunthe, M.B, Dewi, R., Triono, M., Purnama, D., Hendri, H., & Panggabean, F, 2019, Penerapan Ipteks untuk Pengembangan Potensi Limbah Tempurung sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan Masyarakat. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(2). https://doi.org/10.30653/002.201942.108

Deputi Menteri Bidang koperasi dan UKM RI, 2010, Pengembangan produk Unggulan daerah Melalui Pendekatan OVOP (One Village One Product). Jakarta.
Published
2020-05-30
How to Cite
PanggabeanF., PutriN., SiregarM. and DalimuntheM. (2020) “EKSPLORASI PRODUK UNGGULAN DESA TOMOK”, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 7(2), pp. 139-142. doi: https://doi.org/10.32699/ppkm.v7i2.783.
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times