Strategi Pemasaran Produk Abon Ikan pada Industri Rumah Tangga di Kota Makassar

  • Imaduddin Murdifin Manajemen, Ekomomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Salim Basalamah Manajemen, Ekomomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Jafar Basalamah Universitas Muslim Indonesia
  • Moh Zulkifli Murfat Manajemen, Ekomomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
Keywords:
Analisis SWOT, Strategi Pemasaran, Abon Ikan

Abstract

Strategi Pemasaran Produk Abon Ikan pada Industri Rumah Tangga di Kota Makassar.Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang pemasaran abon ikan ke beberapa tempat, menyiapkan beberapa outlet abon ikan di beberapa tempat yang ramai.Pengabdian masyarakat ini menggunakan teknik pelatihan dan pemberian pengetahuan kepada pihak UMKM tentang analisa peluang usaha yang disebut SWOT (Strenght, weakness, opportunity, threat). Hasil dari pengabdian yang dilakukan di Kota Makassar terhadap sentra-sentra pembuatan abon ikan menunjukkan : Membuat produk yang berkualitas dan bermanfaat dengan harga yang mampu bersaing, membuat desain atau cover produk yang inovatif dan kreatif serta memasang harga yang terjangkau, membuat produk yang bisa lebih cepat dan tahan lama (paling lama 3 bulan), menentukan wilayah pemasaran yang strategis dan menguntungkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arisandy, Bayu. 2005. Analisis Product Positioning serta preferensi Konsumen nata de coco pada PT. FITS Mandiri di Bogor. Skripsi. Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor.
Guiltinan, J.P and Gordon W. Paul. 1992. Strategi dan Program Manajemen Pemasaran. Terjemahan. Agus Maulana. Erlangga, Jakarta.

Kotler P, & Keller K. L, 2009, Marketing Management (13th,ed). New York : Prentice Hall.
Rangkuti, F. 2000. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Shrivastava, P. 1994. Strategic Management Concept and Practices. South Western Publishing Co, Ohio.
Toyne, B. And Peter G.P Walters. 1989. Global Marketing Management a Strategic Perspective. Second Edition. Allyn and Boston, Massachusetts.
Urban, G.L and Steven H. Star. 1991. Advance Marketing Strategy : Phenomena, Analysis and Decision. Prentice Hall, New Jersey.
Wijayakusuma, K dan Yusanto, I. 2003. Manajemen Strategis Perspektif Syariah. Penerbit Khairul Bayan, Jakarta.
Published
2020-01-30
How to Cite
MurdifinI., BasalamahS., BasalamahJ. and MurfatM. (2020) “Strategi Pemasaran Produk Abon Ikan pada Industri Rumah Tangga di Kota Makassar”, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 7(1), pp. 16-20. doi: https://doi.org/10.32699/ppkm.v7i1.775.
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 5 times
PDF downloaded = 3 times