Strategi Pemasaran Produk Abon Ikan pada Industri Rumah Tangga di Kota Makassar
Analisis SWOT, Strategi Pemasaran, Abon Ikan
Abstract
Strategi Pemasaran Produk Abon Ikan pada Industri Rumah Tangga di Kota Makassar.Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang pemasaran abon ikan ke beberapa tempat, menyiapkan beberapa outlet abon ikan di beberapa tempat yang ramai.Pengabdian masyarakat ini menggunakan teknik pelatihan dan pemberian pengetahuan kepada pihak UMKM tentang analisa peluang usaha yang disebut SWOT (Strenght, weakness, opportunity, threat). Hasil dari pengabdian yang dilakukan di Kota Makassar terhadap sentra-sentra pembuatan abon ikan menunjukkan : Membuat produk yang berkualitas dan bermanfaat dengan harga yang mampu bersaing, membuat desain atau cover produk yang inovatif dan kreatif serta memasang harga yang terjangkau, membuat produk yang bisa lebih cepat dan tahan lama (paling lama 3 bulan), menentukan wilayah pemasaran yang strategis dan menguntungkan.
Downloads
References
Guiltinan, J.P and Gordon W. Paul. 1992. Strategi dan Program Manajemen Pemasaran. Terjemahan. Agus Maulana. Erlangga, Jakarta.
Kotler P, & Keller K. L, 2009, Marketing Management (13th,ed). New York : Prentice Hall.
Rangkuti, F. 2000. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Shrivastava, P. 1994. Strategic Management Concept and Practices. South Western Publishing Co, Ohio.
Toyne, B. And Peter G.P Walters. 1989. Global Marketing Management a Strategic Perspective. Second Edition. Allyn and Boston, Massachusetts.
Urban, G.L and Steven H. Star. 1991. Advance Marketing Strategy : Phenomena, Analysis and Decision. Prentice Hall, New Jersey.
Wijayakusuma, K dan Yusanto, I. 2003. Manajemen Strategis Perspektif Syariah. Penerbit Khairul Bayan, Jakarta.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.