Rancang Bangun Mesin Giling dan Cetak Terasi, Pendampingan Manajemen dan Pemasaran

  • Surya Dharma Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Medan
  • Eli Safrida Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Medan
  • Rihat Sebayang Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Medan
Keywords: Terasi, Pelatihan, Mesin, Manajemen, Pemasaran

Abstract

Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh adanya kegiatan peninjauan langsung dan wawancara yang dilakukan kepada pengrajin terasi di Desa Beringin Kecamatan Beringin Kabupaten Deliserdang Propinsi Sumatera Utara.Berdasarkan hasil wawancara dan peninjauan langsung pada pengrajin yang sudah menjalankan usahanya selama 20 Tahun kondisinya masih jauh dari maksimal secara ekonomi.

Tujuan dari kegiatan ini adalah bagaimana cara meningkatkan produksi Mitra pengrajin terasi. Kegiatan ini dilakukan selama 6 Bulan dengan satu orang mitra pengrajin terasi. Metode yang digunakan adalah perancangan dan pembuatan mesin penggiling dan pencetak terasi,serta pelatihan singkat dan pendampingan manajemen dan pemasaran.

Dari hasil kegiatan yang dilakukan terlihat mitra dapat menyelesaikan produksi pembuatan terasi yang sebelum kegiatan untuk 100 Kg bahan baku terasi berupa udang rebon selama 8 jam tetapi dengan adanya alat yang dibuat dapat dilakukan hanya dalam waktu 4 jam,Selain itu dari sisi manajemen mitra juga sudah dapat mencatat pembukuan sederhana sehingga dapat menghitung keuntungan yang diperoleh ,dan juga dari segi pemasaran mitra juga sudah memiliki setrategi yang baik untuk memperluas pasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aristyan, R. Ibrahim, and L. Rianingsih, "Pengaruh perbedaan kadar garam terhadap mutu organoleptik dan mikrobiologis terasi rebon (Acetes sp.)," Jurnal Pengolahan dan Bioteknologi Hasil Perikanan, vol. 3, pp. 60-66, 2014.
E. Afrianto and E. Liviawaty, "Pengawetan dan Pengolahan Ikan Asin," ed: Kanisius. Yogyakarta, 1991.
H. Ansori, "Identifikasi Kandungan Formalin pada Terasi di Pasar," 2018.
I. M. L. Suprapti, Membuat terasi: Kanisius, 2002.
M. R. Lubis, A. Rohanah, and N. Ichwan, "Design Construction of Shrimp Paste Molder," Jurnal Rekayasa Pangan dan Pertanian, vol. 4, pp. 553-561, 2016.
R. Rahmayati, P. H. Riyadi, and L. Rianingsih, "Perbedaan Konsentrasigaramterhadap Pembentukan Warna Terasi Udang Rebon (Acetes SP.) Basah," Jurnal Pengolahan dan Bioteknologi Hasil Perikanan, vol. 3, pp. 108-117, 2014.
S. U. Dinas Kelautan dan Perikanan. Potensi [Online]. Available: http://dkp.sumutprov.go.id/statis-4/potensi.html
Published
2020-01-30
How to Cite
DharmaS., SafridaE. and SebayangR. (2020) “Rancang Bangun Mesin Giling dan Cetak Terasi, Pendampingan Manajemen dan Pemasaran”, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 7(1), pp. 11-15. doi: https://doi.org/10.32699/ppkm.v7i1.759.
Section
Articles
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times