Ketrampilan Desain Ornamen Menuju Siswa yang Unggul dan Terampil pada MA Miftahul Huda Bulungan Jepara

  • Agus Setiawan Universitas Dian Nuswantoro
  • Dzuha Hening Yanuarsari Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dian Nuswantoro
  • Toto Haryadi Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dian Nuswantoro
Keywords: seni, label kemasan, ornamen, poster

Abstract

Sebagai salah satu sekolah menengah atas di Jepara, Madrasah Aliyah Miftahul Huda Bulungan membekali siswa kelas XII dengan seni rupa, seni tari, serta seni musik yang ada dalam mata pelajaran Seni Budaya. Namun, ketrampilan tersebut belum mengeksplorasi identitas khas Jepara sebagai kota ukir. Hal ini melatarbelakangi kegiatan pengabdian untuk memperkenalkan desain ornamen kepada para siswa yang dilaksanakan tanggal 20 – 22 Juli 2019 di lab komputer MA Miftahul Huda. Siswa belajar tentang pembuatan desain ornamen secara manual, yang kemudian dikembangkan menjadi desain ornamen digital, desain label kemasan, serta poster kegiatan. Kegiatan ini diawali dengan presentasi materi, dilanjutkan dengan praktik menggambar ornamen secara manual dan digital menggunakan komputer dan perangkat lunak pengolah grafis. Hasil dari kegiatan ini yaitu gambar ornamen, label kemasan, serta poster kegiatan yang menggunakan elemen ornamen khas Jepara sebagai identitas visualnya. Para siswa menjadi mengerti tentang ornamen beserta potensi pemanfaatannya dalam karya desain.

References

Arikunto, S. (1996) Prosedur Penelitian Suatu Metode Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, cet. IX.
At-Taubany, T. I. B. and Suseno, H. (2017) ‘Desain Pengembangan Kurikulum 2013 di Madrasah’, Depok: Kencana.
Mardiatno, D. (2018) Potensi Sumberdaya Pesisir Kabupaten Jepara. UGM PRESS.
Saragi, D. (2012) ‘Mengungkap Nilai Pedagogis dan Ajaran Moral yang Terkandung Dalam Makna Ornamen tradisional Rumah Adat Batak Simalungun Sebagai Kontribusi’, in Yulistio, D. and Lubis, B. (eds) Prosiding Seminar Nasional “Bahasa dalam Perspektif Globalisasi. Bengkulu: Unit Penerbitan FKIP UNIB, pp. 67–79.
Setiawan, A. and Sulaiman, A. M. (2017) ‘Pengembangan Desain Motif Ukir Untuk Aktualisasi Identitas Jepara Sebagai Kota Ukir’, ANDHARUPA, 03(01), pp. 31–48.
Tokan, P. R. I. (2016) Sumber Kecerdasan Manusia. Gramedia Widiasarana.
Published
2019-09-30
How to Cite
Setiawan, A., Yanuarsari, D. and Haryadi, T. (2019) “Ketrampilan Desain Ornamen Menuju Siswa yang Unggul dan Terampil pada MA Miftahul Huda Bulungan Jepara”, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 6(3), pp. 150-154. doi: https://doi.org/10.32699/ppkm.v6i3.750.
Section
Articles