Pengaruh Brand Trust, Brand Equity dan Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Teh Botol Sosro di Wonosobo)
Brand image, brand trust, loyalitas pelanggan, brand equity
Abstract
Persaingan yang semakin ketat dan semakin berkembangnya ekspektasi pelanggan mendorong perusahaan untuk lebih memfokuskan pada upaya untuk mempertahankan pelanggan yang ada. Dalam jangka panjang, loyalitas pelanggan merupakan basis penting bagi pengembangan sustainable competitive advantage (keunggulan bersaing yang berkelanjutan), yaitu keunggulan yang dapat direalisasikan Persaingan yang semakin ketat dan semakin berkembangnya ekspektasi pelanggan mendorong perusahaan untuk lebih memfokuskan pada upaya untuk mempertahankan pelanggan yang ada. Mempertahankan pasar yang ada melalui pengembangan loyalitas pelanggan merupakan tujuan strategik perusahaan untuk mempertahankan bisnis dan profit mereka (Aminee, 1998). Dalam jangka panjang, loyalitas pelanggan merupakan basis penting bagi pengembangan sustainable competitive advantage (keunggulan bersaing yang berkelanjutan), yaitu keunggulan yang dapat direalisasikan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand trust terhadap loyalitas pelanggan, pengaruh brand equity terhadap loyalitas pelanggan, pengaruh brand image berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Sampel dalam penelitian ini adalah pelanggan Teh botol sosro di Wonosobo. Penelitian ini menggunakan regresi linear berganda dan sampel yang digunakan sebanyak 97 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan Brand trust berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan (H1 diterima). Brand equity berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan (H2 diterima)., Brand image berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan (H3 diterima).
Downloads
References
Chaudhuri, Arjun and Morris B. Holbrokk. 2001 . The Chain of Effects from Brand Trust and Brand Affect to Brand Performance : The Role of Brand Loyalty.Journal of Marketing. Volume 65. Number 2. pp.81-93.
Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang : Badan Penerbit Undip.
Hair, J.F. Jr., Anderson, R.E., Tatham, R.L. & Black, W.C. 1998. Multivariate Data Analysis, 5th ed. Intl. ed.. Upper Saddle River : Prentice Hall Intl., Inc.
Istijanto. 2009. Aplikasi Praktis Riset Pemasaran : Cara Praktis Meneliti Konsumen dan Pesaing. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Ahli Bahasa Benyamin Molan. Penyunting Bambang Sarwiji. Jilid 1. ed.11. Jakarta : Indeks.
Keller, K. L. 2008. Strategic Brand Management : Building, Measuring, and Managing Brand Equity. 3th ed. Upper Saddle River. New Jersey : Pearson Education. Inc.
Lassar, W., Mittal, B. and Sharma, A. 1995. “Measuring Customer-Based Brand Equity”, Journal of Consumer Marketing, Vol. 12 No. 4, pp. 11-19. ABI/INFORM Research.
Lau, Geok Then and Sook Han Lee. 1999. Consumers Trust in a Brand and the Link to Brand Loyalty. Journal of Market - Focused Management. 4 ; 4; ABI/INFORMResearch.
Matzler, Kurt, Sonja Grabner and Sonja Bidmon. 2008. Risk Aversion and Brand Loyalty: The Mediating Role of Brand Trust and brand Affect. Journal of Product and Brand Managent. Volume 17.Number 3.pp. 152 – 164.
Mowen, John C, & Minor, Michael. 2001. Consumer Behavior: A Framework, Pearson Education, New Jersey 67458, Prentice Hall Upper Saddle River.
Oliver, Richard L. 1999. "Whence Consumer Loyalty ?" Journal of Marketing, 63 (Special Issue), 33-44.
Taylor A., Steven, Kevin Celuch and Stephen Goodwin. 2004 . The Importance of Brand equity to Costumer Loyalty. Journal of Product and Brand Managent. Volume 13.Number 4. pp. 217 – 227.
Tjiptono, F. 2005. Brand Management & Strategy. Ed. 1. Andi. Yogyakarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.