Pasar Pesantren Rakyat Sebagai Modal Sosial Pembangunan Ekonomi Bangsa

  • Sukron Mazid Universitas Tidar
  • Farikah Farikah Uniersitas Tidar
  • Ika Setyorini Universitas Sains Al-Qur'an
  • Margi Astuti Universitas Sains Al Qur'an
Keywords:
Pasar rakyat Pesantren, modal social, ekonomi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pasar pesantren rakyat sebagai modal social dalam pembangunan ekonomi bangsa. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data melalui trianggulasi (sumber dan metode). Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan Pasar Rakyat Pesantren sebagai modal social. pertama; pasar rakyat pesantren sebagai modal social, yakni memberdayakan warga pesantren dan masyarakat sekitar untuk bersama-sama membangun ekonomi bangsa. Pembangunan ekonomi melalui kemandirian, moralitas, dan wirausaha. Kedua, pasar rakyat pesantren sebagai modal social pembangunan ekonomi bangsa, yakni Pasar Rakyat Pesantren sebagai modal social, bisa memberikan akses interaksi, komunikasi, kontribusi dan partisipasi. Sehingga bersama-sama demi memajukan pembangunan ekonomi bangsa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, Z. (2019). Strategi Pendidikan Entrepreneurship di Pesantren Al-Mawaddah Kudus. BISNIS: Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 7(1), 55-68.
Amin, A. R. N., & Panorama, M. (2021). Pesantren Sebagai Solusi Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan. Jurnal Syntax Transformation, 2(07), 895-914.
Bourdieu, Pierre. (1983) (1986.) “The Forms of Capital”, dalam J. Richardson, ed. Handbook of Theory and Research for the Sociology of Education. Westport, CT: Greenwood Press.

Cassiophea, L. (2012). Pasar Mingguan di Lingkungan Permukiman Jalan Putri Junjung uih Kota Palangka Raya. Jurnal Perspektif Arsitektur, 7(01), 25–28.
Coleman, James S. (1988) ‘Social capital in the Creation of Human Capital’ American Journal of Sociology 94: S95-S120.
Coleman, James S. (1990) Foundations of Social Theory. Cambridge, Mass: Harvard University Press.
Dakir, D., & Umiarso, U. (2017). Pesantren Dan Perubahan Sosial: Optimalisasi Modal Sosial Bagi Kemajuan Masyarakat. Al-A'raf: Jurnal Pemikiran Islam dan Filsafat, 14(1), 1-22.
Echdar, Saban. (2013). Manajemen Entrepreneurship. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Fathy, R. (2019). Modal sosial: Konsep, inklusivitas dan pemberdayaan masyarakat. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 6(1), 1-17.
Fathy, Rusydan. 2017. “Modal Sosial dan Ketahanan Ekonomi Ojek Pangkalan Salemba”. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Fikri, M. A., & Pascayanti, Y. (2022). Return Pasar Modal dan Pasar Rakyat. Empiricism Journal, 3(2), 221-226.
Fikri, M. A., Muhsyaf, S. A., & Kartikasari, N. (2021). Return Pasar Modal dan Pasar Rakyat? Jurnal Aplikasi Akuntansi, 6(1), 56-66.
Fitriawan, W. (2021). Pasar Rakyat untuk Peningkatan Ekonomi Lokal. KUAT: Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan, 3(1), 12-16.
Hasmawati, F. (2018). Ekonomi Kerakyatan Berbasis Potensi Lokal. Yonetim: Jurnal Manajemen Dakwah, 1(1), 62-76.
Indroyono, P. (2013). Revitalisasi Pengelolaan Pasar Rakyat Berbasis Ekonomi Kerakyatan. Yogyakarta Acad. Artic. Present. Cent. Econ. Democr. Stud. Universitas Gadjah Mada.
Kalsum, E., & Purnomo, Y. (2019). Pola Pertumbuhan Pasar Rakyat di Kota Pontianak. Langkau Betang: Jurnal Arsitektur, 6(2), 136-153.

Mazid, Sukron., dkk. (2022). Pendidikan Pancasila Wawasan Kebangsaan & Jati Diri Bangsa. Wonosobo: Unsiq Press.
Misbah, A. (2021). Ekonomi Kerakyatan Berbasis Pesantren. Jurnal Al-Iqtishod, 5(1), 1-15
Mubyarto., dkk. (2014). Ekonomi Kerakyatan. Jakarta: Lembaga Suluh Nusantara.
Nadzir, M. (2015). Membangun pemberdayaan ekonomi di pesantren. Economica: Jurnal Ekonomi Islam, 6(1), 37-56.
Nurohmah, M., Subiyantoro, H., & Suja’i, I. S. (2021). Peran Modal Sosial dalam Pendidikan Pesantren di Era Society 5.0. Equilibrium: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya, 9(2), 133-141.
Pangau, A. P. S., Massie, J. D., & Lintong, D. C. A. (2022). STRATEGI PENGEMBANGAN PASAR TRADISIONAL SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEPUASAN PEDAGANG DAN PENGUNJUNG PADA PASAR RAKYAT TOMBATU KABUPATEN MINAHASA TENGGARA. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(3), 840-849.
Peraturan Menteri Perdagangan RI. (2014). Pedomanan Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern
Suhartini. (2009). “Problem Kelembagaan Pengembangan Ekonomi Pesantren”, dalam Pustaka Pesantren (ed.), Manajemen Pesantren. Yogyakarta: LKIS
Syahra, R. (2003). Modal sosial: Konsep dan aplikasi. Jurnal Masyarakat dan Budaya, 5(1), 1-22.
Weber, Max. (1930). The Protestant Ethic and The Spirit of Capitalism. London.
Published
2023-09-30
How to Cite
MazidS., FarikahF., SetyoriniI. and AstutiM. (2023) “Pasar Pesantren Rakyat Sebagai Modal Sosial Pembangunan Ekonomi Bangsa”, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 10(3), pp. 263-272. doi: https://doi.org/10.32699/ppkm.v10i3.5449.
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 236 times
PDF downloaded = 139 times