PENGUATAN KARAKTER KEBANGSAAN MELALUI BUDAYA SEKOLAH

  • Ika Setyorini Universitas Sains Al-Qur`an
  • Danang Prasetyo MKWU PPKn Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta
  • Sukron Mazid Universitas Tidar
  • Patma Tuasikal Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Biak
Keywords:
Budaya Sekolah, Karakter, Pendidikan, Kebangsaan

Abstract

Penguatan karakter kebangsaan dilakukan melalui pembiasaan budaya positif disekolah secara efektif melalui pembinaan sehingga mencerminankan nilai religius, jujur, disiplin, toleran, kerja keras, cinta damai, dan tanggung jawab. Artikel ini bertujuan untuk mengambarkan penguatan nilai karakter kebangsaan melalui budaya sekolah. Penulisan artikel menggunakan studi kepustakaan atau library research, dengan menggunakan metode penelitian diskriptif-kritis dengan memberikan penekanan pada kekuatan analsis dari sumber dan data yang diperoleh dari teori dan naskah yang diterjemahkan dengan berlandasan tulisan yang mengarah pada topik utama penelitian ini. Hasil kajian analisis menunjukan bahwa penguatan karakter kebangsaan melalui budaya sekolah yaitu (1) perlu dilakukan secara konsitensi melalui aksi nyata (best practice), (2) adanya interkasi oleh seluruh elemen warga sekolah, (3) perlu membangun kolaborasi, dan kerjasama dengan warga masyarakat, warga sekolah dan lingkungan sekitar, (4) membangun kesepakatan dalam lingkungan sekolah, maupun lingkungan masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ajat Sudrajat. (2011). Mengapa pendidikan karakter? Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun I, Nomor 1, Oktober, hal 47-58.
Çağrı Tuğrul Mart. (2013). Commitment to School and Students. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, January 2013, Vol. 3, No. 1, page 336-340.
Character Education Partnership. (2010). Developing and Assessing School Culture-A New Level of Accountability for Schools. A Position Paper of the Character Education Partnership (CEP). http://www.character.org/uploads/PDFs/White_Papers/DevelopingandAssessingSchoolCulture.pdf.
Charlie, Abourjilie. (2002). Character education informational handbook and guide. http://www.ncpublicschools.org/docs/charactereducation/handbook/content.pdf.
Cholisin. (2011). Peran Guru PKn dalam Pendidikan Karakter. Makalah Kuliah Umum Jurusan PPKn FKIP UAD Yogyakarta, 5 Februari 2011, hal 1-20.
Dalmeri. (2014). Pendidikan untuk pengembangan karakter (Telaah Terhadap Gagasan Thomas Lickona dalam Educating for Character). Jurnal Al-Ulum, Volume. 14 Nomor 1, Juni, hal 269-288.
Dalia R, Yuliana S, Okto W, (2019). Pelaksanaan Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Berbasis Kelas Melalui Manejemen Kelas di Sekolah Dasar, Jurnal Tematik Volume 9 No. 2, Agustus, hal 109-119.
Fisher, D., Frey, N., & Pumpian, I. (2012). Achievement How to Create a Culture of in your school and classroom. http://www.ascd.org/ASCD/pdf/ siteASCD/publications/books/How_to_Create_a_Culture_of_Achivement_sample_chapters.pdf, page 1-25.
Gunanto. (2013b). Renungan hari pendidikan nasional. Warta Al Azhar (edisi 264) Mei, hal 30-31.
Halomoan. (2015). Kajian terhadap pengembangan nilai-nilai pendidikan karakter bangsa di satuan pendidikan. http://sumut.kemenag.go.id/.
Kementerian Pendidikan Nasional. (2011c). Pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa pedoman sekolah. Jakarta: Badan penelitian dan pengembangan, Pusat kurikulum.
Kementerian Pendidikan Nasional. (2011c). Pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa pedoman sekolah. Jakarta: Badan penelitian dan pengembangan, Pusat kurikulum.
Komaruddin Hidayat. (2010). Kultur Sekolah. http://www.uinjkt.ac.id/index.php/category-table/1456-membangun-kultur-sekolah-html.
Lickona, T. (1991). Educating for character: how our school can teach respect and responsibility. New York, Toronto, London, Sydney, Aucland: Bantam Books.
Lickona, T. (2004). Make your school a school of character. www.cortland.edu/character.
Marzuki. (2016b). Konsep dasar pendidikan karakter. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/lain-lain/dr-marzuki-mag/Dr.%20Marzuki,%20M.Ag.%20Konsep%20Dasar%20Pendidikan%20Karakter.pdf, hal 1-13.
Novan Ardi Wiyani. (2012). Manajemen Pendidikan Karakter; Konsep dan Implementasinya di Sekolah. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.
Pala, A. (2011). The Need for Character Education. International Journal of Social Sciences and Humanity Studies, Vol 3, No 2, page 23-32.
Purnomo Sidi. (2014). Krisis Karakter dalam Perspektif Teori Struktural Fungsional. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi. Volume 2, Nomor 1, hal 72-81.
Riswan Jaenudin. (2010). Pentingnya membangun karakter dan jati diri peserta didik dalam mewujudkan keberhasilan proses pembelajaran. Makalah Seminar Pendidikan. Lahat, 30 September 2010, hal 1-16.
Samsuri. (Januari 2011). Mengapa (perlu) pendidikan karakter? Bahan Sosialisasi Mata Kuliah Pendidikan Karakter di FISE UNY di Wonosobo, hal 1-9.
Sarbaini. (2012). Pembinaan Kepatuhan Peserta Didik terhadap Norma Sekolah: Studi Kasus di SMA Korpri Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. Edisi Ke-2, No. 10 November 2012, hal 1-9.
Schmidt, E. (2005). The heart of the matter: character and citizenship education in alberta schools. Alberta Education Learning and Teaching Resources Branch. www.education.gov.ab.ca/charactered, page 1-285.
Sergiovanni, T. J. (1991). The principalship: a reflective practice perspective. 2nd ed. Boston: Allyn and Bacpon, 1991, page 215-228.
Syamsu A. Kamaruddin. (2012). Character Education and Students Social Behavior. Journal of Education and Learning. Vol.6 (4) pp. 223-230.
Tableman, B. (2004). School climate and learning. Best Practice Brief, No. 31 December 2004 University Outreach & Engagement, Board of Trustees of Michigan State University, page 1-10.
Wahyuni, Akhtim (2015) Membentuk Pribadi Positif Melalui Pendidikan Karakter Di Sekolah In: Konferensi Nasional 'Mempersiapkan Kebangkitan Generasi Emas melalui Revolusi Mental Anak Bangsa', November 2015, Universitas Pelita Harapan Surabaya
Published
2021-05-31
How to Cite
SetyoriniI., PrasetyoD., MazidS. and TuasikalP. (2021) “PENGUATAN KARAKTER KEBANGSAAN MELALUI BUDAYA SEKOLAH”, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 8(2), pp. 175-183. doi: https://doi.org/10.32699/ppkm.v8i2.1812.
Section
Penelitian

STATISTICS

Abstract viewed = 664 times
PDF downloaded = 287 times