Peningkatan Mutu Manajemen Pembelajaran Oleh Kepala Madrasah di MTs Salafiyah Al Tarmasi

  • Asep Sunarko Universitas Sains Al Quran
  • Sholeh Sholeh Guru di MA Ma’arif Cilongok Banyumas
Keywords:
Manajemen, Mutu, Kepala Madrasah

Abstract

Peningkatan kualitas mutu Pembelajaran di Madrasah merupakan kebutuhan untuk menjaga eksistensi madrasah sebagai salah satu lembaga pendidikan yang memenuhi kebutuhan masyarakat berupa Sumber Daya Manusia dalam bidangpendidikan dan Agamis. Kebutuhan ini akan terpenuhi bila pendidikan mampu menghasilkan sebuah proses dalam mencetak kader-kader yang dikehendaki. Fenomena ini tentu menjadi tanggung jawab pihak madrasah, yaitu semua komponen madrasah mulai dari Kepala Madrasah sampai kepada Para santri.

Untuk mengkaji permasalahan ini dilaksanakanlah Penelitian ini di Madrasah Diniyah Al-Tarmasi dengan subyek pengelola madrasah, lingkungan madrasah, dan siswa/siswi madrasah. Sampel penelitian ditentukan berdasarkan kesesuaian bidang dan juga keperluan data. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai instrumen.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa  ada beberapa upaya dari pihak Kepala Madrasah dalam meningkatkan Mutu pendidikannya dengan menuangkan beberapa kebijakan mutu yaitu : a. Pelayanan yang sebanding dengan kepercayaan, b. Keluhan dari pengguna merupakan sarana evaluasi dan perbaikan yang selalu berkesinambungan, c. Membangun kebersamaan, d.merealisasikan cita-cita bersama dan diaplikasikan dengan mengadakan Pelatihan berkelanjutan untuk peningkatan ketrampilan dewan asatidz dan tenaga kependidikan serta para santri.

Kata kunci : Manajemen, Mutu, kepala Madrasah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arcaro, Jerome S. 2006. Penidikan Berbasis Mutu: Prinsip-prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Abbas, Syahrizal. 2014. Manajemen Perguruan Tinggi. Jakarta: Kencana.
Emzir. (2012). Metode Penelitia Pendidikan Kuantitatif dan kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Fauzi, anis dkk. 2016.Pelaksanaan Pendidikan Madrasah Diniyah Di Kota Serang.Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 1, Nomor 2
Manab, Abdul. 2015. Manajemen Kurikulum Pembelajaran di Madrasah. Yogyakarta: Kalimedia.
Muhammad Fadhli.2017.Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan. TADBIR : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan vol. 1, no 02Available from: https://www.researchgate.net/publication/322098922_Manajemen_Peningkatan_Mutu_Pendidikan [accessed Dec 15 2018]
Mulyasa, E. (2006). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2009). Manjemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Noor, Juliansyah. 2011. Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana.
Pidarta, Made. 1998. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: Bina Aksara.
S, Jerome dan Arcaro. 2007. Pendidikan Berbasis Mutu : Prinsip – prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Rusdiana. 2015. Pengelolaan Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2009). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Dhofier, Zamakhsyari. 2009. Tradisi Pesantren Memadu Modernitas untuk Kemajuan Bangsa. Yogya: Pesantren Nawesea Press.
Syukur, Fatah. 2013. Manajemen Pendidikan Berbasis pada Madrasah. Semarang: PT. Pustaka Rizki Putra.
Saifullah dkk. 2012. Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah. Jurnal Sosial Humaniora Vol 5 No.2.
Published
2019-01-30
How to Cite
SunarkoA. and SholehS. (2019) “Peningkatan Mutu Manajemen Pembelajaran Oleh Kepala Madrasah di MTs Salafiyah Al Tarmasi”, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 6(1), pp. 37-44. doi: https://doi.org/10.32699/ppkm.v6i1.500.
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 177 times
PDF downloaded = 125 times