Pelatihan SDIDTK untuk Meningkatkan Pengetahuan Guru PAUD dalam Melakukan SDIDTK di Kabupaten Wonosobo

  • Candra Dewi Rahayu Universitas Sains Al Qur'an
  • Ika Purnamasari Universitas Sains Al Qur'an
Keywords:
pelatihan, SDIDTK, guru PAUD

Abstract

Latar Belakang: Setiap anak perlu mendapat stimulasi rutin secara tepat dan terus menerus sesuai usia tumbuh kembangnya. Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang (SDIDTK) anak ini masih belum mencapai target yang ditetapkan oleh pemerintah. Salah satu solusi yang dicanangkan oleh pemerintah yaitu dengan mengintegrasikan SDIDTK dengan fasilitas Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yaitu Kelompok Bermain dan Taman Kanak-Kanak yang diikuti oleh balita sebelum beranjak ke jenjang pendidikan Sekolah Dasar.
Tujuan : untuk mengetahui peningkatan pengetahuan guru PAUD dalam melakukan SDIDTK setelah diberikan pelatihan.
Metodologi: metode yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan pendekatan pre and post test design without control group. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel tanpa peluang (non probability sampling) dengan jumlah sampel 37 guru PAUD.
Hasil: Hasil uji dengan one sampel t-test menunjukan setelah dilakukan pelatihan kepada guru PAUD terdapat peningkatan pengetahuan dapat dilihat dari nilai rata-rata pengetahuan guru dari 8,945 menjadi 15,75 dengan nilai p = 0,000.
Kesimpulan dan saran: Pelatihan aplikasi SDIDTK menggabungkan metode ceramah dan demonstrasi mampu meningkatkan pengetahuan secara efektif. Saran bagi Kepala Sekolah di PAUD adalah untuk meningkatkan pengetahuan guru (pengasuh) tentang pertumbuhan dan perkembangan anak menggunakan SDIDTK, sehingga guru dapat memonitor tumbuh kembang anak secara optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Fadila, Imam Cahyo Murwidi, and Ruslan Dabi Dabi, ‘Manajemen Pelaksanaan Program SDIDTK Terhadap Cakupan Program Anak Balita Dan Anak’, LINK Ejournal.Poltekkes, 13 (2017)
Argawinata, Asep Zuhara, ‘Manajemen Pendampingan Guru Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Dan Profesional Guru-Guru Mata Pelajaran Sekolah Menengah Pertama Di Kota Bandung’, Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, 3 (2016)
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Jakarta: Rineka Cipta, 2010)
Atmojo, Noto, Promosi Kesehatan Dan Ilmu Perilaku (Jakarta: Rineka Cipta, 2007)
Departemen Kesehatan Republik Indonesia, Pedoman Pelaksanaan Stimuasi, Deteksi Dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak Di Tingkat Pelayanan Kesehatan Dasar (Jakarta, 2007)
———, Stimulasi, Deteksi Dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak (Sosialisasi Buku Pedoman Pelaksanaan DDTK Di Tingkat Pelayanan Kesehatan Dasar) (Jakarta, 2010)
Irmawati, ‘Analisis Hubungan Fungsi Manajemen Pelaksana Kegiatan Stimulasi Deteksi Dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang (Sdidtk) Dengan Cakupan SDIDTK Balita Dan Anak Prasekolah’ (Universitas Diponegoro)
JP1, Guevara, Gerdes M, Localio R, Huang YV, Pinto-Martin J, Minkovitz CS, and others, ‘Effectiveness of Developmental Screening in an Urban Setting.’, Pubmed, 131 (2013)
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Data Dan Informasi Profil Kesehatan Indonesia 2017 (Jakarta, 2018)
Prasida, Dita Wasthu, Maftuchah, and Dewi Mayangsari, ‘Pengaruh Penyuluhan Tentang KPSP Terhadap Pengetahuan Guru Di PAUD Taman Belia Semarang’, The 2nd University Research Coloquium 2015, 2015
Purwaningsih, Endah, and Yunita Trihapsari, ‘Hubungan Pengetahuan Bidan Tentang SDIDTK Terhadap Pelaksanaan SDIDTK.’, Involusi Jurnal Ilmu Kebidanan, 3 (2013)
R, Pulungan, ‘Pengaruh Metode Penyuluhan Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Sikap Dokter Kecil Dalam Pemberantasan Sarang Nyamuk Demam Berdarah (PSN-DBD)Di Kecamatan Helvetia Tahun 2007’ (Universitas Sumatra Utara, 2008)
Rahayu, Candra Dewi, Tri Hartiti, and Rofii Muhamad, ‘The Effects of Coaching of Head Nurses on the Quality of Discharge Planning Documentations’, Indonesian Journal Of Nursing and Midwivery, 5 (2017)
Saidah, E.S, ‘Pentingnya Stimulasi Mental Dini.’, Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2003
Setyaningsih, Pujiati, Milatun Khanifah, and Nur Chabibah, ‘Layanan Tumbuh Kembang Balita Dengan Pendampingan Ibu Dan Anak Sehat’, The 6th University Research Colloquium 2017 Universitas Muhammadiyah Magelang, 2017
Sitorus, Hotna Marina, and Pamela Tania, ‘Evaluasi Pelaksanaan Pelatihan Berdasarkan Konsep Kirkpatrick & Kirkpatrick’, Simposium Nasional RAPI XI FT UMS – 2012, 2012
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, 2010
Sukiarko, Edi, ‘Pengaruh Pelatihan Dengan Metode Belajar Berdasarkan Masalah Terhadap Pengetahuan Dan Keterampilan Kader Gizi Dalam Kegiatan Posyandu’ (Universitas Diponegoro Semarang, 2007)
Ulfa, Miftakhul, ‘Analisa Deteksi Dini Dan Stimulasi Perkembangan Anak Usia Prasekolah’, Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan, 6 (2018)
Y, Diah Atmarina, ‘Peran Tenaga Kesehatan Dalam Implementasi Kebijakan Stimulasi Deteksi Dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak Di Kabupaten Pekalongan.’ (Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2011)
Published
2019-01-30
How to Cite
RahayuC. and PurnamasariI. (2019) “Pelatihan SDIDTK untuk Meningkatkan Pengetahuan Guru PAUD dalam Melakukan SDIDTK di Kabupaten Wonosobo”, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 6(1), pp. 31-36. doi: https://doi.org/10.32699/ppkm.v6i1.498.
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 439 times
PDF downloaded = 322 times