Pengaruh Super KIPS Terhadap Emisi Gas Buang Sepeda Motor 2 Tak Kawasaki Ninja R150 Tahun 2013

  • Akhmad Pujiono Dosen Teknik Mesin Politeknik Muhammadiyah Pekalongan
Keywords:
emisi gas buang, super KIPS, HidroCarbon

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hasil perbandingan kadar emisi gas buang terutama pada kandungan CO dan HC dari penggunaan super KIPS dan yang tidak menggunakan super KIPS. Bahan bakar yang digunakan pada penelitian ini adalah pertalite, pertamax, dan pertamax turbo. Adapun RPM yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari RPM 2000, 4000, 6000, 8000, 10.000. Super KIPS (Kawasaki Integrated Power valve System) pada sepeda motor Kawasaki Ninja 150 R tahun 2013 merupakan seuatu teknologi yang dimiliki oleh produsen sepeda motor Kawasaki yang bertujuan untuk mengatur sistem gas buang sehingga memenuhi standar euro 2. Selain itu super KIPS dapat menambah peforma dari sepeda motor Kawasaki Ninja 150R tersebut. Dari hasil penelitian terhadap hasil uji emisi gas buang HC tanpa super kips pada sepeda motor Kawasaki ninja 150 R tahun 2013 dengan variasi bahan bakar berbeda dapat disimpulkan bahwa kadar HC paling rendah berada pada bahan bakar pertalite dengan 3533 ppm pada putaran mesin 10,000 RPM. Dan hasil paling tingginya berada pada bahan bakar pertamax dengan 6951 ppm pada putaran mesin 4000 RPM. hasil uji emisi gas buang HC dengan menggunakan super kips pada sepeda motor Kawasaki ninja 150 R tahun 2013 dengan variasi bahan bakar berbeda dapat disimpulkan bahwa kadar HC paling rendah berada pada bahan bakar pertamax turbo 3327 ppm pada putaran mesin 10,000 RPM. Dan hasil paling tingginya berada pada bahan bakar pertamax 6540 ppm pada putaran mesin 6000 RPM.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sipahutar Riman.” Studi Eksperimental Pengaruh Penggunaan Catalytic Converter Terhadap Emisi Gas Buang Pada Motor Yamaha RX-King Tahun Pembuatan 2006” Prosiding Seminar Nasional AVoER ke-3 ISBN : 979-587-395-4 Palembang, 26-27 Oktober 2011.
Sarjono, Sugiyarta, 2014. “ Studi Eksperimental Nilai Oktan Number Bahan Bakar Pertamax Plus dan Shell Super Extra R95 Terhadap Emisi Gas Buang CO dan HC Pada Sepeda Motor Ninja 150R” PoliteknoSains Vol. XIII NO.1. Surakarta.
Debby Chandra Tri P, Ir.Husin Bugis, M.Si, Drs.Ranto,M.T. 2015. “Pengaruh Panjang Pegas Katup Membran Air Induction Sistem (AIS) Terhadap Emisi Gas Buang CO, HC dan CO2 Pada Sepeda Motor Yamaha Byson Tahun 2010” FKIP Teknik Mesin UNS, Surakarta.
Jalaluddin, Asri Gani, Darmadi, 2013.”Analisis Karakteristik Emisi Gas Buang Pada Sarana Transportasi Roda Dua Kota Banda Aceh” Jurnal Teknik Mesin Unsyiah, volume 1, nomor 4, ISSN 2301-8224, Banda Aceh.
Joko Winarno, 2014.“Studi Emisi Gas Buang Kendaraan Bermesin Bensin Pada Berbagai Merk Kendaraan dan Tahun Pembuatan” Jurnal Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Janabadra, Yogyakarta.
Arismunandar W.,1988, “Motor Bakar Torak”, ITB, Bandung.
Haryono, G.,1984, “Uraian Praktis Mengenal Motor Bakar”, CV.Aneka Ilmu, Semarang.
Widodo, E. (2011).”Otomotif Sepeda Motor”.Bandung: Yrama Widya.
Published
2019-01-30
How to Cite
PujionoA. (2019) “Pengaruh Super KIPS Terhadap Emisi Gas Buang Sepeda Motor 2 Tak Kawasaki Ninja R150 Tahun 2013”, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 6(1), pp. 8-15. doi: https://doi.org/10.32699/ppkm.v6i1.487.
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 380 times
PDF downloaded = 201 times