PENERAPAN SETTING KELAS GAYA CLUSTER PADA MATA KULIAH TEKNOLOGI BAHAN

  • Sarwi Asri Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Sains Al Qur’an (UNSIQ) Wonosobo
Keywords:
Setting kelas, gaya cluster

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan setting kelas gaya cluster pada mata kuliah Teknologi Bahan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dari penelitian adalah seluruh mahasiswa Teknik Mesin UNSIQ tahun akademik 2015 dan 2016. Sampel diambil dengan menggunakan metode purposive sampling atau penggambilan sampel bertujuan, kemudian diperoleh mahasiswa tahun angkatan 2015 sebagai kelompok kontrol dan mahasiswa tahun angkatan 2016 sebagai kelompok eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji-t. Analisis deskriptif menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar pada kedua kelompok. Peningkatan yang terjadi pada kelompok kontrol adalah sebesar 8,24% yaitu dari nilai rata-rata semula 69,76 menjadi 75,3, dan besarnya peningkatan yang terjadi pada kelas eksperimen adalah 15,6% yaitu dari nilai rata-rata semula 71,00 menjadi 82,25. Berdasarkan hasil analisis uji-t menunjukkan ada peningkatan yang lebih besar pada kelompok eksperimen. Hal ini menjelaskan bahwa penerapan setting kelas gaya cluster mampu meningkatkan hasil belajar nilai mata kuliah Teknologi Bahan. Hasil analisis uji-t pada nilai post-test menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan pada penerapan setting kelas gaya cluster pada mata kuliah Teknologi Bahan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Charles, C.M. 2002. Building Clasroom Discipline (9th Edition). Boston: Allyn and Bacon.

Martadi. 2009. Persepsi Mahasiswa Akuntansi dan Karyawan Bagian Akuntansi Dipandang dari Segi Gender. Simposium Nasional Akuntansi IX. Padang: 23-26 Agustus.

Irfandi, F., Masugino, dan Rahmat Doni Widodo. 2008. Perbedaan Prestasi Belajar Mahasiswa antara Pembelajaran Konvensional Kompetensi Sistem Rem Mata Diklat Chasis dan Suspensi pada Mahasiswa Kelas II Program Keahlian Tenik Mekanik Otomotif. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. Vol. 8, No. 2: 86-91.

Ismail, S.M. 2008. Strategi Pembelajaran Berbasis PAIKEM. Semarang: Rasail Media Group.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Published
2018-05-30
How to Cite
AsriS. (2018) “PENERAPAN SETTING KELAS GAYA CLUSTER PADA MATA KULIAH TEKNOLOGI BAHAN”, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 5(2), pp. 242-246. doi: https://doi.org/10.32699/ppkm.v5i2.471.
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 4 times
PDF downloaded = 2 times