PROFIL TINGKAT KESEGARAN JASMANI PESERTA DIDIK KELAS X PAKET KEAHLIAN OTOMATISASI DAN TATA KELOLA PERKANTORAN (OTP) SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2017/2018
profil, kesegaran jasmani, peserta didik, TKJI
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana profil tingkat kese-garan jasmani peserta didik kelas X paket keahlian Otomatisasi Dan Tata Kelola Perkantoran pada semester 1 tahun pelajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan Tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI). Populasinya adalah peserta didik kelas X paket keahlian Otomatisasi Dan Tata Kelola Perkantoran pada semester 1 tahun pelajaran 2017/2018. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling dengan jumlah 96 peserta didik. Teknik analisis datanya menggunakan teknik deskriptif persentase. Berdasarkan hasil penelitian terhadap 96 peserta didik yang melakukan tes TKJI ada 16 (17%) peserta didik masuk dalam kategori kurang sekali, 35 (36%) peserta didik masuk kategori kurang, 40 (42%) masuk kategori sedang, 5 (5%) peserta didik masuk kategori baik, dan tidak ada peserta didik masuk kategori baik sekali. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tingkat kebugaran peserta didik kelas X paket keahlian Otomatisasi Dan Tata Kelola Perkantoran pada semester 1 tahun pelajaran 2017/2018 sebagian besar termasuk dalam kategori kurang dan sedang. Berdasarkan simpulan hasil penelitian di atas, maka disarankan kepada guru pendidkan jasmani olaharga dan kesehatan SMK Negeri 1 Wonosobo dapat melakukan proses pembelajaran yang dapat memacu kesegaran jasmani dengan tetap memperhatikan kondisi peserta didik dan metode pendekatan pembelajaran yang tepat serta memperhatikan factor keamanan sehingga peserta didik pada akhirnya dapat mencapai tingkat kesegaran jasmani yang lebih baik.
Downloads
References
Arikunto, S. 1996. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta.
Depdiknas. 2004. Standarisasi dan Profil Kebugaran Jasmani Atlet Pelajar. Jakarta, Direktorat Olahraga Pelajar dan Peserta didik Ditjen Olahraga.
Sudjana, N. 2005. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sukardi. 1987. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. JakartaUndang-undang Republik Indonesia Nomor 3 tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional. 2007. Jakarta:
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. 2007. Yogyakarta