EFEK MEDIASI MARKET ORIENTATION PADA HUBUNGAN ANTARA ENTREPRENEURIAL ORIENTATION DENGAN BUSINESS PERFORMANCE (STUDI KASUS PADA UMKM SEKTOR INDUSTRI MAKANAN DAN MINUMAN DI KABUPATEN WONOSOBO)
orientasi kewirausahaan, kinerja bisnis, orientasi pasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh entrepreneurial orientation terhadap business performance dengan market orientation sebagaivariabel intervening. Sampel dalam penelitin ini adalah pelaku UMKM sektor industri makanan dan minuman di Kabupaten Wonosobo sebanyak 100 UMKM. Teknik analisis data menggunakan Sobel test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Entrepreneurial orientation berpengaruh positif terhadap business performance (H1 diterima). Hal ini menunjukkan bahwa orientasi seorang wirausaha akan menentukan kinerja usahanya. market orientation berpengaruh positif terhadap business performance diterima (H2 diterima). Hal ini berarti UMKM yang berorientasi pasar akan meningkatkan kinerja usaha. Entrepreneurial orientationberpengaruh positif terhadap business performance yang dimediasi oleh market orientation (H3 diterima). Hal ini berarti orientasi wirausaha akan menentukan orientasi pada pasar yang berakibat pada meningkatnya kinerja usaha.
Downloads
References
Benito, Oscar Gonzales, Javier Gonzales Benito, and Pablo A. Munoz-Gallego. 2009. Role Of Entrepreneurship and Market Orientation in Firms Succes. European Journal of Marketing. Vol. 43, No. 3/4, pp. 500-522.
Cooper, Donald R. and C. William Emory. 1995. Business Research Methods. 5Ed. Translate:
Drs. Ellen Guanawan, M. A. and Imam Nurmawan, S. E. 1999. Metode Penelitian Bisnis. Jakarta: Erlangga.
Danim, Sudarwan. 1997. Metode Penelitian untuk Ilmu-ilmu Perilaku: Acuan Dasar bagi Mahasiswa Program Sarjana dan Peneliti Pemula. First Printing. Jakarta: Bumi Aksara.
Kantor KUMKM Wonosobo, 2015, Profil Sentra UMKM, D KUMKM Wonosobo, Kabupaten Bantul.
Fauzi, Hasmi Ardi. 2004. Analisis Pengaruh Sikap Kewirausahaan, Orientasi Pasar, dan Pembelajaran Organisasional Terhadap Kinerja Bisnis. Thesis. Program Pascasarjana Universitas Diponegoro Semarang.
Ghozali, Imam. 2008. Structural Equation Modeling Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS). Edisi Kedua. Semarang : Badan Penerbit Undip.
Guntur. 2000. Keramik Kasongan dan Desain Baru: Kontinyuitas dan Perubahan. Thesis Pada Program Studi Pengkajian Seni Pertunjukkan dan Seni Rupa. Program Pascasarjana Jurusan Ilmu-Ilmu Sosial UGM Yogyakarta.
Hadi, Sutrisno. 1991. Administrasi Butir Untuk Instrumen Diagram Test dan Skala Nilai dengan BASICA. Yogyakarta : Penerbit Andi.
Heizer, J. dan Render. 1993. Production and Operations Management: Strategies and Tactics. Third Edition. Englewood Cliffs. NJ: Prentice Hall.
Indriantoro, Nur and Bambang Supomo. 1999. Metodologi Penelitian Bisnis: untuk Akuntansi dan Manajemen. Yogyakarta: BPFE.
Kannan, V.R. and Tan, K.C. (2003), Attitudes of US and European managers to suppliers selection and assessment and implications for business performance, Benchmarking: An International Journal, Vol. 10 No. 5, pp. 472-89.
Maemunah. 1994. Peluang Kerja dan Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan IKM Pedesaan: Studi Kasus Industri Gerabah Kasongan di Kabupaten Bantul.
Thesis Pada Program Studi Kependudukan. Program Jurusan Antar Bidang Program Pascasarjana UGM, Yogyakarta.
Maholtra, Naresh K. 2002. Marketing Research. Second Edition. Australia: Prentice Hall. Masood A. Badri, Donald Davis, Donna Davis yang berjudul Operations Strategy, Environmental Uncertainty, and Performance: a path analytic model of industries in developing countries
Narver, John C. and Stanley F. Slater. 1990, The Effect of a Market Orientation on Business Profitability, Journal of Marketing 5 (October), 20-35.
Republik Indonesia. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. 2008. Jakarta.
Siagian, Dergibson and Sugiarto. 2000. Metode Statistik untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Singarimbun, Masri and S. Effendi. 1995. Metode Penelitian Survey. Second Printing. Jakarta: Pustaka LP3ES.
Slack, Nigel and Michael Lewis. 2008. Operatios Strategy. Second Edition. Prentice Hall.
Suryadi, Kadarsah dan Hento Irawan. 2008. Perancangan dan Implementasi Model Pengukuran Kinerja Organisasi Berbasis Proses Bisnis. Jurnal Ilmiah Sains dan Teknologi. Vol. 7, No. 3, Hal. 174-183.
Suryanita, Andriani. 2006. Analisis Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Kompetensi Pengetahuan Terhadap Kapabilitas Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran. Thesis. Program Pascasarjana Universitas Diponegoro Semarang.
Umar, Husein. 1999. Metodologi Penelitian: Aplikasi dalam Pemasaran. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka