TINGKAT PEMAHAMAN DAN PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PENERAPAN IFRS (STUDI EMPIRIS PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SAINS AL-QURAN JAWA TENGAH DI WONOSOBO)
kecerdasan emosional, minat, ketersediaan pendidikan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris akuntansi mengenai Standar Pelaporan Keuangan Internasional (International Financial Reporting Standards / IFRS) dengan kecerdasan emosional, minat, ketersediaan pendidikan, dan persepsi siswa sebagai variabel independen. Penelitian ini menggunakan purposive sampling dan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional, minat, ketersediaan pendidikan, dan persepsi persepsi siswa berpengaruh signifikan terhadap akuntansi siswa pada (IFRS).
Downloads
References
Aisyah, S. 2013. Pengaruh Ketersediaan Sarana-Prasarana dan Proses Pembelajaran terhadap Mutu Layanan Pendidikan. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Biskar, Limbong. 2012. Analisis Pengaruh Ketersediaan Sarana Prasarana dan Pendidik terhadap Implementasi Penjaminan Mutu Pendidikan dan Dampaknya pada Mutu Hasil Pendidikan: Kasus pada Sekolah Menengah Pertama di Kota Singkawang Provinsi Kalimantan Barat. Tesis. Universitas Pendidikan Indonesia.
Christiani, Nita Yuningsih. 2015. Pemahaman Mahasiswa Akuntansi terhadap International Financial Reporting Standard (IFRS) studi pada perguruan tinggi swasta di kota Kupang. Tesis. Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.
Djali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Ermawati, Nanik. 2017. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Pemahaman IFRS (International Financial Reporting Standard). Jurnal STIE Semarang. Kudus.
Goleman, D. 2003. Kecerdasan Emosional. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.
Kartono. 2006. Pemimpin dan Kepemimpinan (PT Rajagrafindo Persada). Jakarta: Nawawi H.
Kuncoro, Amin. 2017. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Pemahaman IFRS (International Financial Reporting Standard). Jurnal STIE Semarang. Pati.
Kurniawan. 2012. Tingkat Pemahaman Mahasiswa terhadap IFRS studi empiris pada mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro dan Universitas Katholik Soegijapranata Semarang. Skripsi. Universitas Dian Nuswantoro.
Mulyasa. 2004. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung. PT Remaja Rodakarya.
Pulungan, Andrey Hasiholan. 2013. Persepsi Mahasiswa terhadap IFRS dan kompetensi Mahasiswa dalam Memahami dan Mengaplikasikan IFRS. Jurnal Akuntansi dan Manajemen.
Salovey, P., dan Mayer, J. 1990. Emotional Intelligence, Imagination, Cognition, and Personality. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sunaryo. 2004. Psikologi untuk Keperawatan. Jakarta: EGC.
Triwianto A. 2012. Pengaruh Motivasi, Keterampilan Sosial, Minat Belajar, dan Kepercayaan Diri terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Jurnal Akuntansi. Vol 1.
Utami, S. 2012. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Minat dan Kompetensi Dosen terhadap Pemahaman Mahasiswa Akuntansi Mengenai IFRS. Skripsi. Universitas Diponegoro Semarang.
Walgito, Bimo. 2004. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi.
Yoon, S.W., Vedd, R., & Jones, C.G. 2013. IFRS Knowledge, Skills, and Abilities: A Follow-Up Study of Employer Expectations for Undergraduate Accounting Majors. Journal of Education For Business Vol 88 No 6 page 352-360.