EVALUASI SISTEM INFORMASI AKADEMIK DENGAN GQM UNTUK DOKUMEN TATA LAKSANA MANAJEMEN INSIDEN
Manajemen Insiden, IT Infrastucture Library, GQM (Goal Question Metrics)
Abstract
Untuk pembuatan sebuah dokumen tata laksana perlu dilakukan evaluasi terlebih dahulu, hal ini dilakukan untuk menilai sejauh mana setiap proses TI pada sistem informasi akademik berfungsi sesuai dengan tujuan pengembangan aplikasi terutama untuk proses penanganan insiden. Evaluasi dilakukan dengan metode goal question metric (GQM), dengan bantuan kuesioner yang disebarkan kepada koresponden dan observasi yang dilakukan secara langsung pada objek penelitian
Penelitian ini diadaptasi dari framework IT Infrastructure Library yang mengacu pada proses manajemen insiden. Hasil penelitian ini memberikan beberapa rekomendasi perbaikan terkait area-area insiden manajemen. Hasil pengukuran melalui penggunaan Goal Question Metric, dimana terdapat 4 area yang perlu dilakukan perbaikan untuk membuat dokumen tata laksana manajemen, yaitu: penerapan helpdesk, penerapan SOP (Standard Operating Procedure), penerapan SLA (Service Level Agreement), dan penerapan team servicedesk.
Downloads
References
Crown, 2011. Incident Managemen (online), http://www.knowledgetransfer.net/dictionary/ITIL/en/incident.html. diakses 26 Januari 2015
Fahmi A, Tacbir H.P, Agung W, 2016, Sistem Pengukuran Tingkat Kematangan Kualitas Layanan TI Menggunakan Framework ITIL, Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (SENTIKA), ISSN: 2089-9815, Yogyakarta.
Rachmasari WN, Annisah N, Tania R, Esti W, Hanim MA, 2015, Evaluasi Manajemen Insiden PT. XYZ Menggunakan GAP Analysis, Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (SENTIKA), ISSN: 2089-9815, Yogyakarta.
Sukardi, 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan, PT. Bumi Kasara, Jakarta.
William, B.K & Sawyer, S.C, 2007, Using Information Technology: Pengenalan Praktis Dunia Komputer dan Komunikasi (edisi-7), Yogyakarta, ANDI