EVALUASI SISTEM INFORMASI AKADEMIK DENGAN GQM UNTUK DOKUMEN TATA LAKSANA MANAJEMEN INSIDEN

  • Khurotul Aeni Universitas Peradaban
Keywords:
Manajemen Insiden, IT Infrastucture Library, GQM (Goal Question Metrics)

Abstract

Untuk pembuatan sebuah dokumen tata laksana perlu dilakukan evaluasi terlebih dahulu, hal ini dilakukan untuk menilai sejauh mana setiap proses TI pada sistem informasi akademik berfungsi sesuai dengan tujuan pengembangan aplikasi terutama untuk proses penanganan insiden. Evaluasi dilakukan dengan metode goal question metric (GQM), dengan bantuan kuesioner yang disebarkan kepada koresponden dan observasi yang dilakukan secara langsung pada objek penelitian

Penelitian ini diadaptasi dari framework IT Infrastructure Library yang mengacu pada proses manajemen insiden. Hasil penelitian ini memberikan beberapa rekomendasi perbaikan terkait area-area insiden manajemen. Hasil pengukuran melalui penggunaan Goal Question Metric, dimana terdapat 4 area yang perlu dilakukan perbaikan untuk membuat dokumen tata laksana manajemen, yaitu: penerapan helpdesk, penerapan SOP (Standard Operating Procedure), penerapan SLA (Service Level Agreement), dan penerapan team servicedesk.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Brooks, Peter, 2006. Metrics for IT Service Management, ITSMF-NL.

Crown, 2011. Incident Managemen (online), http://www.knowledgetransfer.net/dictionary/ITIL/en/incident.html. diakses 26 Januari 2015

Fahmi A, Tacbir H.P, Agung W, 2016, Sistem Pengukuran Tingkat Kematangan Kualitas Layanan TI Menggunakan Framework ITIL, Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (SENTIKA), ISSN: 2089-9815, Yogyakarta.

Rachmasari WN, Annisah N, Tania R, Esti W, Hanim MA, 2015, Evaluasi Manajemen Insiden PT. XYZ Menggunakan GAP Analysis, Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (SENTIKA), ISSN: 2089-9815, Yogyakarta.

Sukardi, 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan, PT. Bumi Kasara, Jakarta.

William, B.K & Sawyer, S.C, 2007, Using Information Technology: Pengenalan Praktis Dunia Komputer dan Komunikasi (edisi-7), Yogyakarta, ANDI
Published
2018-01-30
How to Cite
AeniK. (2018) “EVALUASI SISTEM INFORMASI AKADEMIK DENGAN GQM UNTUK DOKUMEN TATA LAKSANA MANAJEMEN INSIDEN”, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 5(1), pp. 14-23. doi: https://doi.org/10.32699/ppkm.v5i1.435.
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 348 times
PDF downloaded = 228 times