ANALISIS PENGARUH BIAYA PROMOSI DAN BIAYA KUALITAS JASA TERHADAP TINGKAT LIKUIDITAS PADA CV. RODA MAS WONOSOBO

Authors

  • Romandhon Romandhon Fakultas Ekonomi Universitas Sains Al Qur’an (UNSIQ) Wonosobo

DOI:

https://doi.org/10.32699/ppkm.v4i3.431

Keywords:

Biaya promosi, biaya kualitas, likuiditas

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada CV. Roda Mas Wonosobo, perusahaan yang bergerak dalam bidang perdagangan distributor, yang berkedudukan di Jl. Banyumas Km. 11 Selokromo Leksono Wonosobo.Berdasarkan waktu pengumpulannya berupa data berkala (time series) 36 bulan dari tahun 2012 sampai dengan tahun 2014.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa biaya promosi dan biaya kualitas jasa mempunyai pengaruh terhadap tingkat likuiditas. Secara parsial untuk X1 (biaya promosi) menunjukkan tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap tingkat likuiditas, sedangkan untuk X2 (biaya kualitas jasa) menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap tingkat likuiditas.Dengan demikian CV. Roda Mas Wonosobo memerlukan promosi dan kualitas jasa yang baik dalam memperbaiki tingkat likuiditas khususnya currentratio.

References

Blocher J. Edward, et all, Manajemen Biaya, Edisi III, Jilid 1, Salemba Empat, Jakarta, 2007

Kotler Philip dan Armstrong Gary :Dasar-Dasar Pemasaran, jilid 1, Edisi IX, Erlangga, Jakarta, 2003

Kotler Philip dan Keller K., L, Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi XII, Erlangga, Jakarta, 2007

Mulyadi, Akuntansi Biaya, Edisi 5, cetakan keduabelas, Yogyakarta, UPP STIM YKPN, 2014

Ikatan Akuntan Indonesia, Standar Akuntansi Keuangan, Salemba Empat, Jakarta, 2004

Prawironegoro Darsono, Manajemen Keuangan, cetakan pertama, Diadit Media, Jakarta, 2006

Swastha Basu dan Irawan, Manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta 2003

Gozali, 2006, Metode Penelitian: Uji Asumsi Klasik. Andi Offset. Yogyakarta.

Tjiptono Fandy, Pemasaran Jasa, Yogyakarta, Andy, 2004

Swastha Basu, Azas Marketing, Yogyakarta, Liberti, 2002

William, K. Carter, dan Milton, F. Usry, Akuntansi Biaya, Edisi XIII, Jilid 2, Salemba Empat, Jakarta, 2004

Parasuraman. 2000. Konsep dan Teknik Pengukuran Kualitas Produk Jasa, Kajian Bisnis dan Manajemen. PT. Prenhalindo. Jakarta.

Downloads

Published

2017-09-30

Issue

Section

Articles

How to Cite

“ANALISIS PENGARUH BIAYA PROMOSI DAN BIAYA KUALITAS JASA TERHADAP TINGKAT LIKUIDITAS PADA CV. RODA MAS WONOSOBO” (2017) Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 4(3), pp. 268–279. doi:10.32699/ppkm.v4i3.431.