WORKSHOP PENINGKATKAN GRIT PADA TENAGA PEMASAR DI PT SRIKANDI DIAMOND MOTORS (DEALER MITSUBISHI CAKUNG)
Workshop, Grit, Tenaga Pemasar, Sales Performance
Abstract
Suatu dealer mobil harus memiliki kualitas sumber daya manusia yang baik terutama bagian front office yang langsung berhubungan dengan konsumen. Bagian front office yang menjadi salah satu kunci sukses pada dealer yaitu tenaga pemasar. Dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya, tenaga pemasar perlu memiliki kinerja yang baik. Sesuai dengan kebutuhan dari mitra untuk menganalisa faktor yang dapat mempengaruhi motivasi karyawannya dalam mencapai target penjualan. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi motivasi kerja seorang tenaga pemasar adalah grit. Selain bakat dan potensi diri yang dimiliki oleh seorang tenaga pemasar juga diperlukan karakter grit yang tinggi dalam mencapai tujuan. Karakter grit yang tinggi akan memotivasi seseorang dalam bekerja sehingga sales performance juga akan tinggi pula. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat menjadi sarana peningkatan grit pada diri seorang tenaga pemasar pada Dealer Mitsubishi Cakung. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yakni penyuluhan dan workshop langsung berupa pemaparan materi grit dan hubungannya dengan motivasi dan sales performance. Sasaran dan target pada kegiatan ini adalah seluruh tenaga pemasar di Dealer Mitsubishi Cakung. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah peningkatan tingkat pemahaman peserta terkait dengan grit pada diri sehingga dapat motivasi dalam bekerja dan dapat meningkatkan performance dalam mencapai target penjualan dan tujuan perusahaan.
Downloads
References
Kim, M., Lee, J. and Kim, J. (2019) ‘The Role of Grit in Enhancing Job Performance of Frontline Employees: The Moderating Role of Organizational Tenure’, Advances in Hospitality and Leisure, 15, pp. 61–84. doi:10.1108/s1745-354220190000015004.
Luthans, K.W., Luthans, B.C. and Chaffin, T.D. (2019) ‘Refining Grit in Academic Performance: The Mediational Role of Psychological Capital’, Journal of Management Education, 43(1), pp. 35–61. doi:10.1177/1052562918804282.
Ningsih, leni setia and Dewi, putu purnama (2022) ‘UPAYA PENERAPAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KEBERLANGSUNGAN KINERJA KARYAWAN PADA UPTD . KPH BALI SELATAN’, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 9(3), pp. 237–241.
Ratna Wijayanti, M. (2016) ‘Pengaruh kepemimpinan islami, motivasi dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan dengan lama kerja sebagai variabel moderating’, Jurnal PPKM III, 3(3), pp. 185–192.
Southwick, D.A., Tsay, C.J. and Duckworth, A.L. (2019) ‘Grit at work’, Research in Organizational Behavior, 39(2019), p. 100126. doi:10.1016/j.riob.2020.100126.
Suhaji, S. and Widiastuti, T. (2016) ‘Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Peningkatan Kinerja Tenaga Penjualan (Studi pada Tenaga Penjualan Farmasi di Semarang)’, Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis, 13.
PT. Srikandi Diamond Motors. (n.d.). Tentang Perusahaan. http://dealermitsubishijakartaselatan.com/tentang-dealer-resmi-mitsubishi-pt-srikandi-diamond-motors.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.