PEMBERDAYAAN PENGRAJIN SONGKET MELALUI PENDAMPINGAN APLIKASI DESAIN GRAFIS DI DESA LIMBANG JAYA
Canva, Limbang Jaya, Penjualan, Pemasaran, Songket
Abstract
Kain tenun songket merupakan salah satu aset budaya di Sumatera Selatan. Salah satu desa di Sumatera Selatan yang memproduksi kain tenun songket adalah Desa Limbang Jaya. Penjualan kain tenun songket dan produk lainnya di Desa Limbang Jaya masih dalam skala terbatas sehingga jangkauan pemasaran kain tenun songket produksi Desa Limbang Jaya belum mencakup pasar yang luas. Strategi pemasaran secara online merupakan salah satu faktor penting dalam mempromosikan suatu produk agar dapat menjangkau lebih banyak konsumen. Untuk itu, dilakukan pendampingan panduan penggunaan aplikasi Canva bagi masyarakat Desa Limbang Jaya khususnya para pengrajin kain tenun songket untuk melakukan pemasaran secara online melalui postingan pada platform media sosial sehingga memiliki tampilan yang menarik dan informatif. Dalam pelaksanaannya, kegiatan pendampingan masyarakat ini dilakukan dalam tiga tahapan, yaitu persiapan, pelaksanaan kegiatan dan evaluasi. Setelah dilaksanakannya kegiatan pendampingan kepada masyarakat ini dapat dilihat dari hasil pre-test dan post-test masyarakat Desa Limbang Jaya telah memahami materi dan mampu menerapkan secara langsung penggunaan aplikasi Canva, dengan ini masyarakat Desa Limbang Jaya dapat meningkatkan penjualan kain tenun songket ataupun produk lainnya dalam cakupan pasar yang lebih luas.
Downloads
References
Benty, D. D. N. et al. (2020) ‘Validitas dan Reliabilitas Angket Gaya Kepemimpinan Mahasiswa’, Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 3(3), pp. 262–271. doi: 10.17977/um027v3i32020p262.
Caniago, D. R., Chumaidiyah, E. and Prambudia, Y. (2021) ‘Perancangan Model Bisnis Dengan Menggunakan Pendekatan Business Model Canvas Sebagai Bentuk Strategi Pengembangan Pada Toko Idaman Busana Bandung Design of Business Model Using Business Model Canvas Approach As a Form of Development Strategy At Bandung Id’, 8(5), pp. 7676–7683.
Desiani, A. et al. (2021) ‘Pemanfaatan marketplace shopee sebagai strategi untuk meningkatkan pemasaran kain songket’, Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(2), pp. 209–219. doi: 10.33474/jipemas.v4i2.9222.
Ermatita et al. (2019) ‘Peningkatan Perekonomian Desa Melalui Sistem Informasi Desa Desa Limbang Jaya Kecamatan Tanjung Batu, Ogan Ilir’, in Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, pp. 70–76.
Imron, I., Ong, D. and Andriansah, A. (2022) ‘Analisa Pengaruh Iklan Dari Aplikasi Design Canva Dalam Meningkatkan Penjualan Umkm’, Respati, 17(2), p. 1. doi: 10.35842/jtir.v17i2.452.
Irmeilyana, Ngudiantoro and Desiani, A. (2018) ‘Profil Pengrajin Songket di Desa Limbang Jaya I Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir Provinsi Sumatera Selatan’, Demography Journal of Sriwijaya ( DeJoS ), 2(1), pp. 40–47.
Nuril Esti Khomariah and Puteri Noraisya Primandari (2021) ‘Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva Untuk Pelaku Usaha Toko Ikan “Sub Aquatic” Sebagai Strategi Digital Marketing’, BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), pp. 795–801. doi: 10.31949/jb.v2i3.1393.
Poerna Wardhanie, A., Fahminnansih, F. and Rahmawati, E. (2021) ‘Pemanfaatan Aplikasi Canva untuk Desain Grafis dan Promosi Produk pada Sekolah Islami berbasis Kewirausahaan’, Society : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), pp. 51–58. doi: 10.37802/society.v2i1.170.
Waluyati, S. A., Kurnisar and Sulkipani (2016) ‘Analisis Upaya-Upaya Pengrajin Tenun Songket dalam Mempertahankan Kelangsungan Usaha di Desa Sudimampir Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir’, Profit, 3(1), pp. 67–72. doi: 10.36706/jp.v3i1.5556.
Yunisvita and Andaiyani, S. (2021) ‘Pemberdayaan PKK Meningkatkan Usaha Kue Khas Sumatera Selatan’, Logista, 5(2), pp. 255–264
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.