PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU UNTUK MEMPEROLEH SERTIFIKASI TEKNISI AKUNTANSI BAGI GURU-GURU AKUNTANSI SMK JAKARTA BARAT
Pendampingan, kompetensi, guru-guru SMK
Abstract
Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini sebagai salah satu pengejawantahan dari Tridharma Perguruan Tinggi. Pengabdian kepada Masyarakat yang dilaksanakan, merupakan pendampingan dalam pengembangan kompetensi guru-guru akuntansi SMK Jakarta Barat, sebagai salah satu upaya untuk memperoleh sertifikasi teknisi akuntansi. Tahapan kegiatan PkM yang telah dilaksanakan adalah dimulai dari pengajuan usulan atau proposal ke Ketua STIE Tribuana, menyampaikan surat tugas PkM kepada Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi Pendidik, Tenaga Kependidikan dan Kejuruan Jakarta Barat, membuat identifikasi masalah, pembuatan jadwal kegiatan, pembuatan materi, serta menyebar undangan ke guru-guru SMK. Kegiatan ini terlaksana dari tanggal 8 Januari 2022 hingga 5 Februari 2022 dengan 5 kali sesi pendampingan. Hasil dari kegiatan ini, terlihat dari kepuasan guru-guru atas pendampingan yang dilakukan oleh dosen-dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tribuana
Downloads
References
Fauzan, S., Putri, D. M., & Ulfa, A. F. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Sertifikasi Profesi Teknisi Akuntansi bagi Guru SMK Akuntansi se-Kabupaten Tulungagung untuk Menghadapi Persaingan Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 1(2), 281–286. https://doi.org/10.54082/jamsi.18
Marpaung, N. N. (2021). Pengaruh Tingkat Pendidikan Terhadap Kinerja Pegawai ( Studi Kasus Disdukcapil Kota Bekasi ). 6(2), 81–95.
Nahdi, D. S., Rasyid, A., & Cahyaningsih, U. (2020). Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Melalui Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 76–81. https://doi.org/10.31949/jb.v1i2.234
Pane, S. G., & Siregar, S. (2021). Skills Based Competency dan Daya Saing Praktisi Akuntansi Pada Emerging Market Asean. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 3(2), 61–66. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v3i2.1067
Prijanto, J. H., & Kock, F. De. (2021). Peran Guru Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dengan Menerapkan Metode Tanya Jawab Pada Pembelajaran Online. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(3), 238–251.
RI, P. (2003). Undang-undang (UU) No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional [JDIH BPK RI]. JDIH Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia, 37. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003
Riani Said, D., Trisnowali ms, A., Andi Srimularahmah, & Aisyah Nursyam. (2021). Pendampingan dalam pengembangan media pembelajaran sebagai salah satu upaya untuk memperoleh sertifikasi bagi guru-guru SMK 1 Watampone. Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 34–41. https://doi.org/10.29303/rengganis.v1i1.14
Setyawan, D., Fikri, K., Radya, S., Samino, I., Studi, P., & Musik, P. (2020). Pendampingan Dalam Proses Kegiatan Ekstrakurikuler. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 1(1), 79–87. http://ojs.uma.ac.id/index.php/jap
Sinambela, E. (2015). Efektifitas Model Role Playing Terhadap Peningkatan Kompetensi Akuntansi Mahasiswa Dalam Mata Kuliah Pengantar Akuntansi II. Efektifitas Model Role Playing Terhadap Peningkatan Kompetensi Akuntansi Mahasiswa Dalam Mata Kuliah Pengantar Akuntansi II, c, 486.
Tim Kemdikbudristek. (2020). Rencana Strategis Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 2020-2024. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi, 1–129. https://dikti.kemdikbud.go.id/
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.