MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TYPE STAD DALAM MENGELOLA KARTU PERSEDIAAN
STAD, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Kartu Persediaan
Abstract
Media pembelajaran merupakan suatu yang sangat menentukan bagi pendidik supaya pembelajaran dapat memperoleh hasil yang optimal sesuai yang diinginkan.
Peneliti ingin mengetahui apakah pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Tipe STAD bisa meningkatkan hasil belajar dan suasana menggembirakan bagi peserta didik.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan di SMK Negeri 1 Wonosobo, tepatnya di kelas XI Akuntasi 3. Karena penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, maka penelitian dilakukan dimana pengajar mengampu kompetensi mengelola kartu persediaan pada kelas tersebut.
Untuk pengambilan data digunakan dua angket yaitu angket aktivitas dan soal penelitian. Angket aktivitas untuk melihat tingkat kerjasama siswa dalam proses belajar mengajar dan untuk melihat tingkat kerjasama siswa. Sedangkan angket penelitian untuk melihat hasil hasil belajar siswa dalam satu siklus.
Dari hasil penelitian ternyata bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan tipe STAD kemauan siswa dan hasil belajar siswa terbukti meningkat.
Penelitian ini diharapkan dapat berkembang dan bermanfaat untuk meningkatkan hasil proses pembelajaran.
Downloads
References
Depdikbud 1988, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Jakarta
Aqib, Zainal dkk, 2008 Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SMP, SMA, SMK, YRAMA WIDYA, Bandung.
Nur, Muhammad, dkk. 1998 c. Teori Pembelajaran Kognitif, Buku Ajar mahasiswa, Surabaya; IKIP Surabaya.
Tim Pelatihan Penelitian Tindakan (Action Research) Universitas Negeri Yogyakarta, 2000, Penelitian Tindakan (Action Reserch), Jakarta; Direktorat pendidikan Menengah Umum
Muhibbin Syah, M.Ed 2003. Spikologi belajar, Raja Grafindo Persada; Jakarta
Hamesly, M.Ed 1986 Case Studys In Classroom Research, Open University Press
Lungdren, Linda, 1994, Cooperatif Learning In The Science Classroom, New York, Mc Milan/Mc Graw – Hill.