PEMBERDAYAAN WANITA MENUJU DESA RAMAH WANITA DAN PEDULI ANAK

  • Iswan Riyadi Universitas Widha Dharma Klaten
  • Kunthum Ria Anggraheny
Keywords:
Pemberdayaan; Wanita; Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak

Abstract

Perempuan dan anak adalah kelompok dalam masyarakat yang dalam mengoptimalkan potensinya masih sangat kecil, bahkan di beberapa daerah hal ini menjadi tabu. Keadaan tersebut sering memicu munculnya munculnya beberapa permasalahan antara lain; praktek diskriminasi dan kekerasan terhadap wanita dan anak, peran wanita yang terbatas hanya pada domestik, partisipasi wanita yang rendah pada bidang ekonomi dan politik, keterbatasan dalam mengakses pelayanan publik (kesehatan, pendidikan, pekerjaan). Tujuan dari pengabdian ini adalah memberikan pengetahuan tentang peran wanita dalam masyarakat, memberikan pengetahuan kepada wanita tentang tindak kekerasan yang sering terjadi terhadap wanita dan anak, memberikan pengetahuan tentang potensi desa guna meningkatkan kemandirian wanita di bidang ekonomi, memberikan pengetahuan tentang desa ramah perempuan dan anak. Kegiatan pengabdian dilakukan di Desa Krakitan Kecamatan Bayat Kabupaten Klaten menggunakan metode ceramah dan diskusi dengan jumlah peserta 20 perempuan yang terdiri dari umur 20 hingga 55 tahun. Dengan pengetahuan tentang peran perempuan, kekerasan dalam ranah domestic dan public serta di dukung potensi desa yang banyak maka Desa Krakitan diharapkan siap menjadi desa ramah perempuan dan peduli anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

9 Ukuran Keberhasilan Program Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak KemenPPPA - Health Liputan6.com. (n.d.). Retrieved November 26, 2021, from https://www.liputan6.com/health/read/4579306/9-ukuran-keberhasilan-program-desa-ramah-perempuan-dan-peduli-anak-kemenpppa
Anak, P., Desa, D. I., Tiga, S., & Tiga, K. M. (2017). KEHARMONISAN KELUARGA DAN POLA KABUPATEN LAMPUNG TIMUR Oleh : Jurusan : Pendidikan Agama Islam ( PAI ) Fakultas : Tarbiyah dan Ilmu Keguruan INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI ( IAIN ) METRO.
JPNN. (n.d.). Retrieved from https://www.jpnn.com/news/duh-desa-ini-kaya-potensi-tapi-menyandang-predikat-termiskin
Legislatif, P., Perubahan, D. M., Pemerintahan, T. K., Mendukung, U., Perempuan, P., & Anak, D. A. N. P. (2018). Modul 7, (15).
Sulaeman, M. M. (2015). Kekerasan terhadap Perempuan dalam Perspektif Sosiologi. Kekerasan Seksual Terhadap Perempuan Tinjauan Dalam Berbagai Disiplin Ilmu Dan Kasus Kekerasan, 1–160.
Umin Kango. (2009). Bentuk-bentuk-kekerasan-yang-dialami-perempuan.pdf. Jurnal Legalitas.
Published
2022-05-31
How to Cite
RiyadiI. and AnggrahenyK. (2022) “PEMBERDAYAAN WANITA MENUJU DESA RAMAH WANITA DAN PEDULI ANAK”, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 9(2), pp. 184-189. doi: https://doi.org/10.32699/ppkm.v9i2.2252.
Section
Pengabdian

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times