BIMBINGAN TEKNIS (BIMTEK) PENGUATAN KOMPETENSI GURU MATA PELAJARAN UTBK TAHUN 2021

Authors

  • Sri Budiyono Universitas Widya Dharma

DOI:

https://doi.org/10.32699/ppkm.v8i3.1870

Keywords:

Technical guidance, Teacher competence, UTBK

Abstract

Kegiatan pengabdian di Hotel Golden Tulip Essential Makassar, Jalan Sultan Hasanudin, nomor 43, Sawerigading, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan ini bertujuan untuk melatih guru-guru bidang studi pengampu Ujian Akhir Nasional dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi. Kegiatan ini bisa berlangsung dengan sukses atas kerja sama antara Pengurus Madrasah Insan Cendekia, di seluruh  Indonesia, yang berdasarkan kesepartan bersama antar Kepala Sekolah yang ada di berbagai wilayah nusantara. Ketua panitia mengambil sikap bahwa dalam suasana pandemi tetap dilaksanakan dengan mengindahkan protokoler kesehatan. Pelaksanaan pelatihan ini dilaksanakan secara luring walaupun masih dalam suasana pandemi. Akan tetapi, pelaksanaan secara protokoler kesehatan, benar-benar tetap dijaga dan diutamakan. Pelaksanaan kegiatan ini tidak ada tendensi negatif apa pun, yang terpenting dapat menghasilkan tindakan yang positif, kreatif, tendentif, dan menggugah aspirasi para guru khususnya dalam menghantarkan para anak didiknya ke Perguruan Tinggi idaman (favorit). Metode yang dipakai dalam kegiatan ini adalah dengan memberikan ceramah, drilling, diskusi kelompok, dan presentasi. Hasil uji coba sebelum diadakan pelatihan dan setelah diadakannya pelatihan menunjukkan hasil yang signifikan, dengan kata lain para guru dapat meningkatkan prestasinya. Hasil uji, mengalami peningkatan yang bagus sekali.

References

Depdikbud. (2013) a. Desain Induk Kurikulum 2013. Jakarta: Depdiknas.
________ . (2013) b. Pengembangan Kurikulum 2013. Jakarta: Depdiknas.
________ . (2013) c. Bahan Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. (Lembar Kerja Pengelolaan Pembelajaran Berdasarkan Peminatan) Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan 2013.
_______. (2013) d. Bahan Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 (Silabus, Modul Pelatihan Tematik Integratif, Pengelolaan Pembelajaran Tematik Terpadu) Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan 2013.
_______. (2013) e. Bahan Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 (untuk Pengawas Sekolah) Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan 2013.
________. (2013) f. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No: 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
________. (2013) g. Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 54 Tahun 2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
_______. (2013) h. Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
_______. (2013) i. Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 68 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
_______. (2013) j. Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 71 Tahun 2013 tentang Buku Teks Pelajaran dan Buku Panduan Guru untuk Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Djaali dan Pudji Muljono. (2008). Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo. Genesee, Freed and John E. Upshur. 1997. Clssroom-Based Evaluation in Second Language
Isjoni. (2009). Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kunandar. (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Perkasa.
Salis, Erdward (Diterjemahkan oleh Ahmad Ali Riyadi dan Fahrurrosi). (2008). Total Quality Management in Educatio (Manajemen Mutu Terpadu). Jogjakarta: IRCiSoD.
Samani, Muchlas dan Hariyanto. (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sanjaya, Wina. (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.
Jakarta: Kencana.
Tim Puslitjaknov. (2008). Metode Penelitian Pengembangan. Jakarta: Depdikbud.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.
Uno, Hamzah B., Nina Lamatengga, dan Satria Koni. (2010). Desain Pembelajaran. Bandung: MQS Publising.
Wardhani, IGAK dan Kuswaya Wihardit. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Yuliantoro, Agus. (2015). Penelitian Tindakan Kelas dengan Metode Mutakhir.Yogyakjarta: Andi Offset.

Downloads

Published

2021-09-30

Issue

Section

Pengabdian

How to Cite

“BIMBINGAN TEKNIS (BIMTEK) PENGUATAN KOMPETENSI GURU MATA PELAJARAN UTBK TAHUN 2021” (2021) Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 8(3), pp. 291–299. doi:10.32699/ppkm.v8i3.1870.