PENGUATAN MATERI KOMPETISI SAINS NASIONAL (KSN) BAGI GURU SMA DI ACEH UTARA
Pelatihan Guru, KSN, Guru
Abstract
Kurangnya motivasi guru dan belum memiliki kemampuan serta keterampilan yang memadai dalam menyelesaikan soal KSN yang terkesan sulit. Hal ini berakibat minimnya siswa yang berprestasi di bidang KSN. Bekal keterampilan yang diperoleh guru dari kegiatan ini, diharapkan dapat memotivasikan guru dalam menggali pengetahuan terkait soal-soal olimpiade atau KSN serta digunakan dan disempurnakan secara berkelanjutan. Dengan dilaksanakan pengabdian ini diharapkan dapat meningkatkan prestasi siswa SMA di Kabupaten Aceh Utara di tingkat Provinsi dan Nasional. Pelakasanaan kegiatan pelatihan sebanyak 32 Jam Pelajaran (JP) secara tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan diawali dengan memberi informasi mengenai KSN, pekenalan soal KSN trik dalam menjawab soal serta melakukan evaluasi. Hasil yang diperoleh adanya peningkatan kemampuan penguasaan materi standar KSN bagi guru pembimbing KSN bidang matematika, fisika dan kimia di SMA Aceh Utara terutama dalam menganalisa soal-soal yang berkarakteristik KSN serta sistematika dalam menjawab soal. Program ini juga mendapakan respon positif dan partisipasi tinggi guru peserta pelatihan dan kepala sekolah setempat dapat dilihat dengan terlibat aktif dalam proses pelatihan.
Downloads
References
Mellyzar, M., & Muliaman, A. (2020). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Ikatan Kimia. Lantanida Journal, 8(1), 40-52.
Muliani, F., Noviati, D., & Fajriani, F. (2018). Pembinaan Peningkatan Mutu Pendidikan Bidang Olimpiade Sains Bagi Guru Sd Kota Langsa Provinsi Aceh. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 3(2), 9-13.
Murayya, E.C. (2011) Implementing Higher-Order Thinking in Middle School Mathematics Classroom, Disertasi. Georgia: University of Georgia.
Wiyoko, T., Megawati, Aprizan & Avana, N. (2019). Jurnal Warta Lembaga Pengabdian pada Masyarakat. Peningkatan Kompetensi Siswa Melalui Pembinaan Olimpiade Sains (OSN), 22(2), 67-75
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.