PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM IMPLEMENTASI KONSEP GAME BASED LEARNING
DOI:
https://doi.org/10.32699/ppkm.v8i3.1494Keywords:
Game Based Learning, SD Tumbuh, LearningAbstract
Masa pandemic menuntut perubahan pada banyak hal, salah satunya adalah bidang Pendidikan. Perubahan ini berdampak kepada banyak stakeholder Pendidikan, khususnya Peserta didik dan guru. Namun perubahan yang bersifat dadakan ini belum dipersiapkan dengan matang, pengetahuan guru tentang Game Based Learning (GBL) masih minim dan kemampuan dalam mengoperasikan tool tersebut menjadi urgensi di masa wabah saat ini. Tim pengabdi berusaha menyelesaikan masalah para guru dan tenaga pendidikan di pusat studi SD Tumbuh dengan memberikan dua kegiatan pengabdian. Metode yang digunakan pada kegiatan pertama adalah pelatihan, sedangkan metode pada kegiatan kedua menggunakan workshop tentang Game Based Learning dilengkapi dengan micro teaching. Pelaksanaan kegiatan akan dilaksanakan sebanyak lima sesi yang dilakukan selama dua hari. Tim pengabdi dibantu oleh dua mahasiswa prodi S1 Teknik Komputer dan narasumber ahli dari Universitas AMIKOM Yogyakarta. Hasil dari pengabdian ini adalah peningkatan pengetahuan peserta sebesar 37% dan menghasilkan satu bank soal tentang GBL.
References
M. M. R. Putra, Sukirman, and A. J. Kusumawati, “Pengembangan Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Materi Bangun Ruang Sekolah Dasar,” Pros. Semin. Nas. Geotik 2019, pp. 161–166, 2019.
Rizky, “Korelasi Tipe Pemain Dengan Pengukuran Usability Pada Game Freemium,” Techno.Com, vol. 20, no. 2, pp. 245–258, 2021, doi: 10.33633/tc.v20i2.4427.
S. Destya, “Optimalisasi Pembelajaran Menggunakan Gamifikasi Pada Guru Smkn 2 Sewon,” no. November, pp. 355–360, 2019.
Sekolah Tumbuh, “https://sekolahtumbuh.sch.id/,” 2020.
