PENGEMBANGAN MODUL ASUHAN KEHAMILAN TERSTANDAR DAN UJI COBA EFEKTIVITAS MODUL DI JURUSAN KEBIDANAN
modul asuhan kehamilan, efektivitas, kebidanan
Abstract
Institusi pendidikan bidan perlu membuat suatu strategi pembelajaran yang efektif dan efisien untuk meningkatkan kompetensi lulusannya. Pembelajaran di laboratorium merupakan bagian penting dalam keseluruhan proses pembelajaran pendidikan kebidanan. Laboratorium merupakan faktor utama dalam keberhasilan proses belajar mengajar apabila mempunyai fasilitas alat laboratorium yang lengkap, salah satunya modul. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Reseacrh and Development), dengan sampel mahasiswa Jurusan Kebidanan, dosen pengajar mata kuliah Asuhan Kebidanan, dan Validator ahli.
Penelitian ini menghasilkan modul asuhan kehamilan terstandar, hasil uji statistik menunjukkan Modul Asuhan Kehamilan ini efektif terlihat dari meningkatnya keterampilan mahasiswa dalam pemeriksaan kehamilan dan mahasiswa dapat mempraktikkan Asuhan Kehamilan lebih tepat dibandingkan tanpa menggunakan modul terstandar.
Downloads
References
Anita, Woolfolk. 2007. Educational Psychology. Boston: Pearson Educational
Azwar. 2009. Prinsip-prinsipKesehatan. Jakarta : Bina rupa Aksara
Dewey, J. 1938. Experience and education. New York, NY: The Macmillan Company
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja grafindo Persada
Hardisman. 2018. Menakar Ulang Peran dan Kompetensi Bidan. Available From: http://repo.unand.ac.id/6655/
Herawati, Heni. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Modul Kemampuan Kognitif Untuk Orang Tua Taman Kanak-Kanak Usia 4-5 Tahun di Bandar Lampung. Tesis. Pascasarjanan FKIP Universitas Lampung
Kemenkes. 2010. Standar laboratorium perekam medis dan informasi kesehatan pendidikan tenaga kesehatan. Jakarta: Badan PPSDM Kesehatan Pusat Pelatihan Tenaga Kesehatan
Lestari, Ika. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia
Naido P., Smuts B., Classens M,. et al. 2013. Operational research to improve health services: a guide for proposal development; Decsmont Tutu TB Centre;
New York: Pearson Zachariah R, Harries D, Ishikawa N, et al. 2009. Operational research in low-income countries: what, why, and how. Lancet Infect Dis; 9: 711-717
Pusdiknakes. 2011. Kurikulum inti D-III Kebidanan. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI
Suryadi. 2000. Dasar Pembelajaran Laboratorium Klinik. Bandung: Alfabeth.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.