PENGEMBANGAN MODUL ASUHAN KEHAMILAN TERSTANDAR DAN UJI COBA EFEKTIVITAS MODUL DI JURUSAN KEBIDANAN

  • Erien Luthfia Poltekkes Kemenkes Mataram
  • Dewi Puspa Ariyanti Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Mataram
Keywords:
modul asuhan kehamilan, efektivitas, kebidanan

Abstract

Institusi pendidikan bidan perlu membuat suatu strategi pembelajaran yang efektif dan efisien untuk meningkatkan kompetensi lulusannya. Pembelajaran di laboratorium merupakan bagian penting dalam keseluruhan proses pembelajaran pendidikan kebidanan. Laboratorium merupakan faktor utama dalam keberhasilan proses belajar mengajar apabila mempunyai fasilitas alat laboratorium yang lengkap, salah satunya modul. Metode  penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Reseacrh and Development), dengan sampel mahasiswa Jurusan Kebidanan, dosen pengajar mata kuliah Asuhan Kebidanan, dan Validator ahli.

Penelitian ini menghasilkan modul asuhan kehamilan terstandar, hasil uji statistik menunjukkan Modul Asuhan Kehamilan ini efektif terlihat dari meningkatnya keterampilan mahasiswa dalam pemeriksaan kehamilan dan mahasiswa dapat mempraktikkan Asuhan Kehamilan lebih tepat dibandingkan tanpa menggunakan modul terstandar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abin Syamsudin Makmun. 2005. Psikologi kependidikan Perangkat Sistem Pengajaran Modul, Bandung : Remaja Rosdakarya
Anita, Woolfolk. 2007. Educational Psychology. Boston: Pearson Educational
Azwar. 2009. Prinsip-prinsipKesehatan. Jakarta : Bina rupa Aksara
Dewey, J. 1938. Experience and education. New York, NY: The Macmillan Company
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja grafindo Persada
Hardisman. 2018. Menakar Ulang Peran dan Kompetensi Bidan. Available From: http://repo.unand.ac.id/6655/
Herawati, Heni. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Modul Kemampuan Kognitif Untuk Orang Tua Taman Kanak-Kanak Usia 4-5 Tahun di Bandar Lampung. Tesis. Pascasarjanan FKIP Universitas Lampung
Kemenkes. 2010. Standar laboratorium perekam medis dan informasi kesehatan pendidikan tenaga kesehatan. Jakarta: Badan PPSDM Kesehatan Pusat Pelatihan Tenaga Kesehatan
Lestari, Ika. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia
Naido P., Smuts B., Classens M,. et al. 2013. Operational research to improve health services: a guide for proposal development; Decsmont Tutu TB Centre;
New York: Pearson Zachariah R, Harries D, Ishikawa N, et al. 2009. Operational research in low-income countries: what, why, and how. Lancet Infect Dis; 9: 711-717
Pusdiknakes. 2011. Kurikulum inti D-III Kebidanan. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI
Suryadi. 2000. Dasar Pembelajaran Laboratorium Klinik. Bandung: Alfabeth.
Published
2020-09-30
How to Cite
LuthfiaE. and AriyantiD. (2020) “PENGEMBANGAN MODUL ASUHAN KEHAMILAN TERSTANDAR DAN UJI COBA EFEKTIVITAS MODUL DI JURUSAN KEBIDANAN”, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 7(3), pp. 253-259. doi: https://doi.org/10.32699/ppkm.v7i3.1273.
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 184 times
PDF downloaded = 228 times