PELATIHAN MARKETPLACE BAGI KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT KABUPATEN BANTUL
marketplace, digital marketing, UMKM
Abstract
Pemanfaatan teknologi informasi untuk meningkatkan nilai ekonomi dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bantul dengan memberdayakan masyarakat Bantul khususnya pelaku UMKM yang tergabung pada KIM untuk memanfaatkan marketplace sebagai sarana pemasaran produk/jasa UMKM. Hal ini dilakukan agar promosi produk UMKM dapat menjangkau wilayah yang lebih luas dan transaksi jual beli bisa dilakukan secara mudah, cepat dan aman. Pelatihan marketplace ini dilaksanakan dengan langkah-langkah kegiatan seperti analisis kebutuhan dan permasalahan, pembuatan materi, pelaksanaan,dan evaluasi. Dari hasil pendampingan yang telah dilakukan, pelaku UMKM Kabupaten Bantul dapat memanfaatkan secara maksimal penggunaan marketplace sebagai sarana pemasaran produk/jasa. Diharapkan dengan meningkatnya transaksi jual beli produk UMKM melalui marketplace, akan meningkatkan kesejahteraan pelaku UMKM khususnya masyarakat Bantul.
Downloads
References
Hakim, L. 2019. Pelatihan Pemasaran Online Berbasis Marketplace Bagi Umkm Dalam Merespon Perubahan Perilaku Konsumen. Loyalitas, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2, 74-91.
Handajani, L., Furkan, L. M. & Rifa’i, A. 2019. Penggunaan Pemasaran Digital Pada Usaha Home Industry Kopi Lombok Di Desa Sigerongan Kabupaten Lombok Barat. Abdi Insani, 6, 409-421.
Pratiwi, A. F. 2019. Marketplace Sebagai Media Pemasaran Produk Ukm Di Kecamatan Maos Guna Tingkatkan Perekonomian Masyarakat. J-Dinamika, 4.
Wartaekonomi.Co.Id. 2018. 5 Negara Dengan Pertumbuhan E-Commerce Tertinggi [Online]. Wartaekonomi.Co.Id. Available: Https://Www.Wartaekonomi.Co.Id/Read194905/5-Negara-Dengan-Pertumbuhan-E-Commerce-Tertinggi [Accessed].
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.