Peningkatan Ketrampilan Santriwati PP.Mambaul Ulum Malang melalui Pelatihan Ragam Planting Craft
Abstract
Penelitian pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan santriwati Pondok Pesantren Mambaul Ulum Malang melalui pelatihan planting craft yang meliputi teknik decoupage, kokedama, dan macramé plant hanger. Metode kegiatan dilaksanakan melalui tiga tahap, yaitu: (1) konfirmasi, perkenalan, dan sosialisasi program; (2) pelaksanaan berupa penyuluhan kewirausahaan tanaman hias dan praktik pembuatan planting craft; serta (3) evaluasi melalui pre-test, post-test, dan survei kepuasan peserta. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan pada pengetahuan, keterampilan, dan minat wirausaha peserta. Santriwati mampu menghasilkan karya planting craft yang memiliki nilai ekonomis sekaligus menjadi media relaksasi dan sarana pengembangan soft skill. Kebaruan dari program ini terletak pada integrasi planting craft sebagai pendekatan kreatif untuk menumbuhkan santripreneurship berbasis pesantren, yang sebelumnya belum banyak diterapkan. Antusiasme dan dukungan pihak pesantren berperan penting terhadap keberhasilan program. Kegiatan ini terbukti efektif sebagai model pemberdayaan berbasis pondok pesantren untuk menumbuhkan kreativitas, jiwa kewirausahaan, dan kemandirian ekonomi santriwati.
Downloads
References
Agustin, D. (2020). Modul Ketrampilan Pembuatan Finishing Perabot dan Elemen Dekorasi dengan Teknik Decoupage dasar untuk Mata Kuliah Interior.
Hassard, A. (2024). Floral Decorations for the Dwelling House. A Practical Guide to the Home Arrangement of Plants and Flowers. BoD--Books on Demand.
Hermanu, K., & Nugroho, S. P. (2023). Training for Community Empowerment Through the Appropriate Use of Media for Ornamental Planting Using Kokedama Technique. Bisma: Bimbingan Swadaya Masyarakat, 5(5), 209–213.
Hermawansyah, H., & Subhan, S. (2025). MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM YANG ADAPTIF TERHADAP KEBUTUHAN INDUSTRI. Kreatif: Jurnal Pemikiran Pendidikan Agama Islam, 23(2), 145–157.
Hutahaean, J., Mulyani, N., & Azhar, Z. (2020). Pelatihan E-Commerce Untuk Meningkatkan Pendapatan Melalui Kokedama (Pelatihan Daring) Bagi Kumpulan Marga Rajagukguk Se-Kisaran Kabupaten Asahan. JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 41–45.
Mariana, M., Wayuni, I. S., & Fajrita, F. (2022). Pelatihan Pelatihan Pembuatan Kokedama Sebagai Wadah Tanaman Hias Dengan Memanfaatkan Bahan Sisa Limbah Sabut Kelapa: Pelatihan Pembuatan Kokedama Sebagai Wadah Tanaman Hias Dengan Memanfaatkan Bahan Sisa Limbah Sabut Kelapa Bagi Ibu-Ibu Di Desa Cot Jrat. RAMBIDEUN: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 95–99.
Nalarsih, R. T., Siregar, N. C., Setiawan, M. I., & Usman, H. (2024). Utilization of Solar-Powered Lights as a Means of Lighting the Mueang Pattani District Mosque Area.
Oshima, M., & Kimura, H. (2017). Miniature Moss Gardens: Create Your Own Japanese Container Gardens (Bonsai, Kokedama, Terrariums \& Dish Gardens). Tuttle Publishing.
Supraptoa, P. K., Norawib, M., Hernawatic, D., & Meylanid, V. (2020). Integration of STEM approach in teaching science to Indonesian Islamic boarding school students (Malaysian pre-service teachers’ experience). Integration, 10(11).
Surur, A. M., & Kuswandi, D. (2024). Kendala dan solusi dalam proses pendampingan guru tingkat tinggi. Hinef: Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan, 3(1), 52–63.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.