PELATIHAN METODE GRAFIKA: INOVASI DAN KREATIVITAS DALAM DESAIN VISUAL BAGI KARYAWAN MAGANG DALAM MENCIPTAKAN PRODUK KREATIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL
studi kasus percetakan lokal Sabila Craft Batam, Kec. Sekupang, Kota Batam
DOI:
https://doi.org/10.32699/ppkm.v12i3.10215Keywords:
Kreativitas, Produk kreatif, Workshop Keterampilan DesainAbstract
Usaha meningkatkan keterampilan, inovasi, dan kreativitas
karyawan magang dalam menciptakan produk kreatif berbasis
lokal, yang pada akhirnya dapat berkontribusi pada
perkembangan industri kreatif dan penguatan identitas budaya
lokal. Workshop yang dilaksanakan akan memberikan
pengetahuan dan keterampilan komprehensif kepada karyawan
magang, meliputi berbagai aspek mulai dari dasar-dasar teori
hingga aplikasi praktis dalam teknik cetak grafika. Metode
pelatihan yang dilakukan berupa transfer of knowledge melalui
workshop dan sosialisasi untuk karyawan magang di perusahaan.
Selain itu, worshop mengunakan metode survei, wawancara,
diskusi, praktiku dan demonstrasi. Memberikan peluang yang
lebih besar untuk menciptakan karya visual yang lebih dinamis,
interaktif, dan atraktif. Selain itu, untuk menghasilkan karya
desain yang tidak hanya estetis tetapi memilik nilai fungsional
dan komunikatif.
References
Guntoro, G., Lisnawita, L., & Sadar, M. (2019). Pelatihan Internet Sehat dan Aman bagi Siswa SMK Masmur Pekanbaru. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(2), 223–230. https://doi.org/10.30653/002.201942.105
Fadilah Fatma, N., Ponda, H., & As’seghaf, N. (2023). Usaha Pengoptimalan Efektivitas Proses produksi Percetakan Produk Pada Divisi Offset Di PT. Citra Sastra Grafika Business. Journal Industrial Manufacturing, 8(1), 79–88.
Guntoro, G., Lisnawita, L., & Sadar, M. (2019). Pelatihan Internet Sehat dan Aman bagi Siswa SMK Masmur Pekanbaru. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(2), 223–230. https://doi.org/10.30653/002.201942.105
Margomo, K. (2018). Formulasi strategi bersaing perusahaan digital printing (Vol. 6, Issue 2).
Nofiansyah, D., Satria, C., Sandika, S., & Sulistiawati, T. (2025). Penguatan branding digital UMKM Pekka (Studi Kasus LPP-Pekka Yayasan Masjid Agung Palembang).
Nyoman, N., Witari, S., & Suryana, J. (n.d.). PELATIHAN CETAK STENSIL UNTUK MENGASAH KREATIVITAS REMAJA DI PANTI ASUHAN/LKSA WIDHYA ASIH, SINGARAJA. https://kbbi.we.id
Sains, F., & Teknologi, D. (2023). Sistem Informasi Pemesanan Produk Percetakan Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall Agung Izulhaq * , Uce Indahyanti, Ika Ratna Indra Astutik. Media Online), 4(1), 486–496. https://doi.org/10.30865/klik.v4i1.1146
Septiara, V., Ambarwati, A., & Nugroho, A. (n.d.). Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Pemeliharaan Mesin Percetakan Digital Printing Berbasis Desktop Menggunakan Vb.Net (Studi Kasus: Cv. Wujud Unggul).
Yudistira, B. (2020). (media cetak) Sistem Informasi Pemesanan Rumah Makan Dapur Eladhia Berbasis Web. Journal of Computer System and Informatics (JoSYC, 2(1), 63–69.
Yuniarti, Y., & Mauliana, D. S. (n.d.). Strategi Pemasaran Produk Digital Printing Pada Cv. Fnb Digital Jambi (Marketing Strategy of Digital Printing Product on CV. FNB Digital Jambi).www.id.wikipedia.org/wiki/Seni_grafis
