PELATIHAN PENGGUNAAN LABORATORIUM VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMAHAMAN KONSEP FISIKA DI SMA NEGERI 6 KARAWANG
Laboratorium Virtual, fisika, PhET, Metode TAM.
Abstract
Telah dilakukan pelatihan penggunaan laboratorium Phet. Di SMA Negeri 6 Karawang. Pelatihan bertujuan untuk membantu siswa dalam pemahaman konsep fisika. Simulasi Phet yang ditampilkan adalah gerak pendulum, rangkaian listrik DC, gerak proyektil dan hamburan rustherford .Kemudian, model TAM digunakan untuk mengetahui resapon peserta terhadap hasil simulasi penggunaan PhET. Dari hasil kuisioner diketahui bahwa tingkat actual use atas pembelajaran fisika meningkat dari 37 menjadi 80.
Downloads
References
A. Wahyudin, Munir and S. Soviani, 2011. Tingkat Penerimaan Media Video Conference dalam Proses Pembelajaran dengan menggunakan Technology Accepted Model (TAM). Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Volume 4. Nomor 1.
D. Purwati, A. Yani dan A. Haris. 2015. Penerapan Media Laboratorium Virtual Dalam Pembelajaran Fisika Di SMA Negeri 2 Sengkang. JPF : Jurnal Pendidikan Fisika. Volume 3. Nomor 1. Halaman 56-63.
J. Handhika, E. Kurniadi and I. Muda. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Bermuatan Konflik Kognitif Untuk Mengurangi Dugaan Miskonsepsi Pada Matakuliah Fisika Dasar. JMPF : Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, Volume 4. Nomor 2. Halaman 8-13.
S. Admoko dan Supriyono. 2016. Workshop Peningkatan Kemampuan Merancang Kegiatan Laboratorium Berorentasi pada Pendekatan Saintifik bagi Guru Fisika Sidoarjo. JPFA : Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya. Volume 06. Nomor 01. Halaman 34-42
www.phet.colorado.edu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.