APLIKASI TEORI PSIKOLOGI DALAM PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN
Psikologi, Pendidikan, Pesantren
Abstract
Pesantren merupakan salah satu sistem dan institusi pendidikan
keagamaan Islam tertua di Indonesia yang dalam sejarahnya telah
memainkan peran penting dalam membentuk kehidupan
masyarakat. Pesantren muncul sebagai basis pendidikan yang
menekankan keutamaan akhlak (imtaq), sehingga dapat
memberikan kontribusi moral dan kemanusiaan pada masyarakat
Indonesia khususnya dan masyarakat dunia umumnya. Pesantren
sebagai lembaga pendidikan Islam yang cukup unik karena
memiliki elemen dan karakteristik yang berbeda dengan lembaga
pendidikan Islam lainnya. Elemen-elemen pesantren yang paling
pokok, adalah adanya pondok atau tempat tinggal para santri,
masjid, kitab-kitab klasik, kyai dan santri.
Secara konvensional, pesantren memang tidak secara khusus
melakukan kajian psikologi, tetapi bukan berarti pola pendidikan
dan tradisi yang hidup di pesantren jauh dari nuansa-nuansa kajian
psikologi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang
dilakukan dengan menggunakan studi kasus,1
Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, Wawancara, dan studiĀ
dokumentasi. 2
Metode analisis data yang digunakan adalah
metode deskriptif kualitatif kritis, adapun pola berpikir yang
digunakan adalah berpikir induktif dan berpikir deduktif.3
Dengan pola berpikir seperti ini diharapkan dapat mengetahui dan menarik
kesimpulan tentang aplikasi teori psikologi pendidikan dalam
sistem pembelajaran di API Tegalrejo Magelang.