MODEL KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF KEPALA MADRASAH
Kepemimpinan, Transformatif,m Madrasah
Abstract
Model Kepemimpinan transformasional adalah pola pemimpin yang
mempunyai kekuatan untuk mempengaruhi bawahan dengan cara-cara
tertentu. Bawahan merasa percaya, kagum, loyal dan hormat terhadap
pimpinan. Bawahan termotivasi untuk berbuat lebih banyak dari apa yang
biasa dilakukan dan diharapkannya. Model kepemimpinan transformatif
kepala madrasah merupakan bagian esensial dari suatu organisasi
pendidikan, bahkan merupakan hal yang sangat urgen dalam berjalannya
organisasi pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan yang bersifat
institusional maupun nasional. Prinsip-prinsip kepemimpinan kepala
madrasah adalah kejujuran (amanah), adil, musyawarah (syura), etika
tauhid dan amr ma’ruf nahi munkar. Pemimpin perlu memiliki
kemampuan untuk menentukan tindakan-tindakan yang perlu diambil
guna mencapai tujuan kelompoknya. Untuk itu diperlukan suatu
pengertian mengenai tindakan-tindakan dari pemimpin tersebut agar
berpengaruh kepada anggota-anggota kelompok dan pekerjaan yang
bersangkutan. Akan tetapi kemampuan tersebut tidak hanya dalam
pengambilan keputusan saja. Perilaku kepemimpinan yang dibutuhkan
seperti objektivitas terhadap hubungan dan perilaku manusia, mampu
berkomunikasi, wibawa, kesadaran diri, dan mengajar.