DINAMIKA PERTUMBUHAN PESANTREN (Melacak Akar-Akar Historis Perkembangan Pesantren di Jawa)

  • Zaenal Sukawi Dosen Fakultas Komunikasi dan Sosial Politik UNSIQ
  • Sri Haryanto Universitas Sains Al Qur'an
Keywords:
Pesantren, tradisional, Modern, Pendidikan

Abstract

Pesantren telah ada di Indonesia sejak dua abad lalu dan tidak mengalami penurunan peran. Bahkan justru semakin eksis dan diminati masyarakat. Ini bisa dilihat dari pertumbuhan jumlah pesantren dalam tiga dasa warsa terakhir.
Jumlah lembaga pendidikan pesantren di seluruh Indonesia pada kurun waktu 20 tahun terakhir, berkembang sangat cepat. Pada tahun 2020 mendatang jumlah lembaga pesantren kemungkinan akan mencapai sekitar 25.000. Jumlah lembaga pesantren yang terus berlanjut tersebut disebabkan karena lembaga pendidikan pesantren inilah yang dengan cepat dapat memberikan santunan pendidikan bagi generasi muda pedesaan yang memerlukan pendidikan tingkat menengah dan tinggi. Di samping itu, dewasa ini juga banyak sekali generasi muda yang berlatar-belakang pendidikan pesantren berhasil menyelesaikan pendidikan guru di berbagai perguruan tinggi.
Pesantren kini dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu pesantren tradisional dan pesantren modern. Sistem pendidikan pesantren tradisional sering disebut sistem salafi. Pondok pesantren modern merupakan sistem pendidikan yang berusaha mengintegrasikan secara penuh sistem tradisional dan sistem sekolah formal (seperti madrasah). Proses modernisasi pondok pesantren ini merupakan upaya untuk menyempurnakan sistem pendidikan Islam yang ada di pesantren.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azra, Azyumardi. 1998, Esei-esei Intelektual Muslim & Pendidikan Islam, cet. I Jakarta : Logos
Azra, Prof.Dr.Azyumardi, 2001, Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, Penerbit Kalimah, Jakarta.
Dewantoro, Ki Hajar. 1977, Pendidikan, bagian Pertama, cet 2, Yogyakarta : Majlis Luhur Persatuan Taman Siswa
Dhofier, Zamakhsyari, 1985, Tradisi Pesantren: Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai, LP3ES, Jakarta.
Fajar, A. Malik. 1995, ”Pengembangan Pendidikan Islam”, dalam Nafis (Ed), Konstekstualisasi Ajaran Islam : 70 Tahun Prof Dr. Munawir Sjadzali, MA, Jakarta : IPHI dan Paramadina
Hasbullah, 1996, Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia : Lintasan Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangannya, Jakarta : PT Grafindo Persada
Kartodirjo, Sartono. 1992, Pendekatan Ilmu Sosial dalam Metodologi Sejarah Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama
Ludjito, Ahmad. 1996, Pendekatatan integratik Pendidikan agama pada sekolah di Indonesia, dalam H.M. Chabib Thoha dkk(ed) Reformulasi Filsafat Pendidikan Islam Semarang : Pustaka pelajar
Madjid, Nurcholish. 1997, Bili-Bilik Pesantren : Sebuah Potret Perjalanan,Jakarta : Paramadina
Raharjo, Dawam. 1985, “Perkembangan Masyarakat dalam Perspektif Pesantren”, pengantar dalam M. dawam raharjo (ed), Pergaulan Dunia Pesantren : Membangun dri Bawah, Jakarta : P3M
Saridjo, Marwan. dkk, 1982, Sejarah Pondok Persantren di Indonesia, Jakarta : Dharma Bhakti
Steenbrink, Karel A. 1984, Beberapa Aspek tentang Islam di Indonesia Abad ke – 1990 , Jakarta : Bulan Bintang
Tilaar, 1997, Pengembangan Sumber daya manusia dalam Era Globalisasi, Jakarta, Grasindo
Tim Redaksi, 2002, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi ke-3 , Jakarta, PT. Balai Pustaka
Wahid, Abdurohman. 2001, Menggerakkan Tradisi Esai-Esai Pesantren, Yogyakarta : LKIS.
Published
2014-06-02

STATISTICS

Abstract viewed = 136 times
PDF downloaded = 458 times